5 Cara Mengatasi Rasa Haus Saat Puasa Selama Bulan Ramadhan, Kamu Bisa Coba

Ilustrasi cara mengatasi rasa haus saat puasa selama Ramadhan. (Foto: iStock)

Suararakyatindo.com – Lifestyle, Berpuasa selama bulan Ramadhan adalah praktik ibadah yang sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi saat berpuasa adalah mengatasi rasa haus, terutama di daerah dengan cuaca panas atau bagi mereka yang memiliki aktivitas fisik yang tinggi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa cara tidak haus saat puasa selama bulan Ramadhan:

1. Meningkatkan Konsumsi Air Putih di Waktu Sahur dan Buka Puasa

Untuk mencegah dehidrasi dan mengurangi rasa haus selama puasa, sangat penting untuk memastikan tubuh mendapatkan hidrasi yang cukup. Ini dapat dicapai dengan meningkatkan konsumsi air putih selama waktu sahur dan buka puasa.

Usahakan untuk minum minimal 8 gelas air dari waktu berbuka hingga sahur, dengan membagi asupan air secara merata dan menghindari minum air dalam jumlah besar sekaligus untuk menghindari perut kembung.

2. Batasi Asupan Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Dehidrasi

Untuk mengurangi kehilangan cairan tubuh yang cepat, penting untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu dehidrasi.

Merujuk dari Food Trends, makanan dengan kandungan garam tinggi atau yang bersifat pedas, serta minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda, diketahui dapat meningkatkan sensasi haus.

Dianjurkan untuk mengurangi konsumsi jenis-jenis makanan dan minuman tersebut selama sahur dan buka puasa.

3. Tingkatkan Asupan Buah dan Sayuran

Mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan kandungan air dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, buah dan sayuran juga menyediakan serat, vitamin, dan mineral yang esensial untuk menjaga kesehatan selama berpuasa.

Buah-buahan seperti semangka, timun, dan stroberi adalah pilihan yang sangat baik berkat kandungan airnya yang tinggi.

4. Kurangi Aktivitas Fisik yang Intens di Siang Hari

Selama puasa, sebaiknya kurangi aktivitas fisik yang berlebihan, khususnya pada saat cuaca panas. Aktivitas yang berintensitas tinggi dapat meningkatkan kebutuhan tubuh akan air, yang mungkin sulit untuk dipenuhi selama berpuasa.

Bila perlu melakukan aktivitas fisik, lakukanlah pada saat-saat lebih sejuk seperti di pagi hari atau setelah waktu buka puasa.

5. Sesuaikan Jadwal Olahraga Anda

Bagi Anda yang rutin melakukan olahraga, mungkin perlu untuk menyesuaikan jadwal latihan selama bulan puasa. Melakukan olahraga setelah waktu buka puasa atau sebelum sahur menjadi pilihan ideal karena Anda dapat segera mengganti cairan yang hilang akibat berolahraga.

Demikianlah cara menghilangkan rasa haus saat puasa selama bulan Ramadhan.

Terapkan cara di atas agar Anda dapat menjalani puasa dengan nyaman tanpa rasa kehausan yang berlebih.

Selamat mencoba dan selamat menunaikan ibadah puasa.

Tinggalkan Balasan