Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Kolom

Abad ke-2 Abad NU dan Masa Depan perjuangan PKB

×

Abad ke-2 Abad NU dan Masa Depan perjuangan PKB

Sebarkan artikel ini
Abad ke-2 Abad NU dan Masa Depan perjuangan PKB
Muhaimin Iskandar Selaku Ketua Partai Kebangkitan Bangsa. (Foto: Ig @cakiminnow)

Oleh: Muhaimin Iskandar

(1) Kemarin ada debat soal hubungan PKB dan NU. Semua pihak yang berdebat memiliki posisi dan argumen masing-masing, dan saya menghormati semua pihak itu. Alih-alih ikut menjadi pendebat, saya mau ambil posisi di atas pendebat. Ini posisi saya:

Advertisement
Scroll kebawah untuk membaca

(a) PKB memang lahir dari rahim NU. Tapi organisasi sebesar NU wajar saja semua ingin diakui dan mengaku NU. Karena itu, mari kita hormati pihak-pihak lain yang mengaku sebagai NU juga. Tidak apa-apa. Biar saja.

Baca Juga:  Sajak-Sajak Tan Hamzah, "Surat Dari Pagi"

(b) PKB lahir di awal Reformasi, selepas zaman Orde Baru. Baru sekitar 2,5 dekade lalu atau 1/4 terakhir usia NU. Pencapaian Pemilu 2019 lalu adalah pemuncak prestasi politik PKB selama 2,5 dekade hidupnya. Penjelasan tentang sukses ini bisa banyak. Tapi satu hal bisa kita pastikan: Sukses ini membuktikan bahwa PKB semakin serius dan konkret mewujudkan cita-citanya untuk mengangkat harkat dan derajat kehidupan warga NU. Karena itu, warga NU mengapresiasinya dengan semakin banyak yang memilih PKB dibandingkan partai-partai lain yang berusaha juga menggalang pilihan mereka.

Baca Juga:  Seberkas Puisi JQ Soenardie Penguasa dan Pengusaha Picik Terhadap Rempang

(c) Mari kita berhenti berdebat soal siapa yang berhak mengaku anaknya NU, mari melanjutkan perjuangan kita untuk melayani dan mengabdi kepada warga NU. Kemajuan PKB ditandai oleh kemajuan dan kesejahteraan warga NU.

Example 120x600