Hukum  

Akhirnya KPK Angkat Bicara Soal Mardani Maming

Akhirnya KPK Angkat Bicara Soal Mardani Maming
Pengacara Mardani Maming. (Foto; Kompas.com)

SUARARAKYTINDO.COM – Akhirnya Mardani Maming sudah mempunyai kuasa hukum. Pasalnya, hal itu di bantah oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Alasan itu dikatakan oleh Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang bicara terkait mantan komisioner KPK Bambang Widjojanto yang menjadi kuasa hukum Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Mardani Maming.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, menyebut secara etika apa yang dilakukan Bambang tepat.

“Secara etika yang bersangkutan kan dulu pernah menjadi pimpinan di sini. Kemudian yang bersangkutan menjadi pengacara terhadap sesorang yang kita tetapkan sebagai tersangka di sini. Menurut etika, ya, rasa-rasanya enggak pas saja kalau menurut saya,” ujar Alex dalam keterangannya, Jumat (22/7/2022).

Alex menampik dalih etika itu menjadi dasar pihaknya tak mau berhadapan dengan Bambang Widjojanto dalam sidang praperadilan Mardani Maming. Namun, menurut Alex, pihaknya memang merasa keberatan Bambang Widjojanto menjadi pembela Mardani.

Sebelumnya, KPK menyebut adanya konflik kepentingan dengan ditunjuknya Bambang Widjojanto menjadi kuas hukum Ketum HIPMI Mardani H. Maming.

Menurut tim biro hukum KPK Ahmad Burhanuddin, adanya konflik kepentingan lantaran Bambang merupakan mantan pimpinan KPK. Ali menegaskan, mantan pimpinan KPK merupakan bagian dari lembaga antirasuah.

“Berkaitan dengan pemberian kuasa dari pemohon (Mardani H. Maming) kepada salah satu kuasa hukum atas nama Bambang Widjojanto dalam perkara ini, maka KPK selaku termohon memberikan tanggapan yang pada pokoknya terdapat benturan kepentingan (conflict of interest),” ujar Ahmad di PN Jaksel, Rabu (20/7/2022).

 

Tinggalkan Balasan