Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Daerah

Biaya Haji Naik Sebesar 69 di Rasa Memberatkan Masyarakat, Ini Solusinya

×

Biaya Haji Naik Sebesar 69 di Rasa Memberatkan Masyarakat, Ini Solusinya

Sebarkan artikel ini
Biaya Haji Naik Sebesar 69 di Rasa Memberatkan Masyarakat, Ini Solusinya
Menteri Keagamaan Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Ilustrasi)

SUARARAKYATINDO.COM- Biaya Haji Naik sebesar 69 sangat memberatkan rakyat. Kenaikan biaya ini merupakan usulan dari Kementerian Agama saat Raker bersama Komisi VIII DPR RI.

Senada dengan apa yang di sampaikan oleh Ketua Bidang Keagamaan DPP Partai Perindo Abdul Khaliq Ahmad menilai biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) Tahun 2023 yang naik menjadi sebesar Rp 69 juta per-orang sangat memberatkan rakyat.

Advertisement
Scroll kebawah untuk membaca

“Kenaikan biaya haji Rp 69 juta sebagaimana diusulkan oleh Menteri Agama saat Raker bersama Komisi VIII DPR RI sangat memberatkan rakyat,” ujar Abdul Khaliq dalam keterangannya, Minggu (29/1/2023).

Baca Juga:  Gempa Susulan, 5 Hari Berturut-turut Guncang Kawasan Cianjur

Dia memaparkan Partai Perindo menilai usulan kenaikan biaya haji tahun ini tidak proporsional, sehingga akan menjadi beban pribadi bagi calon jemaah haji dan berdampak pada nilai manfaat atau subsidi yang lazim diterima calon jemaah haji selama ini.

“Seperti diketahui bahwa BPIH 2022 sebesar Rp 39,88 juta atau 40,54 persen dari total biaya haji yang real Rp 98,37 juta atau 59,46 persen,” ungkap Khaliq.

Baca Juga:  Ratusan Anak di Kabupaten Probolinggo Disuntik Vaksin Polio

Solusinya, menurut Khaliq yang juga Ketua Umum Silaturahim Haji dan Umrah Indonesia (SAHI) itu menyebut jika harus terjadi kenaikan BPIH 2023, maka angka maksimal, yaitu sebesar Rp 49 juta atau 50 persen dari total biaya real haji Rp 98,8 juta. Hal ini tetap memenuhi syarat istithaah bagi calon jemaah haji.

Example 120x600