Daerah  

Cerita Montir Muda, Kini Sukses Menekuni Bisnisnya. Ini Ceritanya

Cerita Montir Muda, Kini Sukses Menekuni Bisnisnya. Ini Ceritanya
Fiki Pengusaha Bengkel Bengkel Mobil Yang Sudah Sukses. Foto; Suararakyatindo.com

SUARARAKYATINDO.COM, Probolinggo –  Sederhana dan murah senyum itulah sosok Fiki yang berumur 22 Tahun. Seorang pengusaha bengkel mobil kelahiran Probolinggo. Fiki mempunyai bisnis yang saat ini berupa bengkel mobil, di rumahnya yang terletak di Desa Sumberkatimoho, Krejengan, Probolinggo Jawa Timur.

Sosoknya yang sangat sederhana dan selalu respon terhadap pelanggannya ini memang memiliki pengalaman yang bagus dalam menggeluti usahanya di dunia perbengkelan mobil.

Sebelum merintis sebagai mekanik mobil, Fiki pernah bekerja disebuah bengkel di Daerah Paiton dan Klaseman Probolinggo sebagai mekanik.

Sementara keahlian sebagai seorang teknisi ia dapatkan semenjak dirinya sekolah di SMKN2 Kraksaan dan itupun belum maksimal.

Oleh karenanya ketika lulus, Fiki tidak langsung membuka bengkel sendiri karena dirinya merasa masih kurang dalam menggeluti perbengkelan sehingga ia memutuskan untuk mencari pengalaman di sebuah bengkel yang ada di kawasan Paiton awalnya, dan pindah ke Daerah Klaseman.

“Sudah sekitar 5 tahunan usaha ini saya rintis,dan di tahun ke dua, usaha ini benar-benar ujian terberat bagi saya, bahkan saya nyaris putus asa. Karena saya ketika berkumpul bersama teman-teman yang se profesi dengan saya,mereka menceritakan kesuksesannya. Dan seketika itu saya merasa terpukul mendengar cerita teman-teman,” Ujar Fiki.

Dimasa Pandemi Covid-19 kemaren, Fiki mendapatkan cobaan lagi. Ramadhan lalu, ia kehilangan beberapa pelanggan.

Namun ia bersyukur ketika keadaan mulai membaik selepas Hari Raya Idul Fitri walaupun pendapatan tetap menurun dibanding tahun sebelumnya. Dibanding sebelum pandemi pendapatan saat itu masih 90% dan ini alhamdulillah sudah bisa mencukupi untuk kebutuhan bengkel.

Untuk meningkatkan kualitas dan pelayanannya, Fiki kini menerapkan pelayanan yang tidak kalah dengan bengkel – bengkel yang berkelas di kota-kota besar.

Hal tersebut sudah menjadi standard layanan, termasuk selalu mengingatkan pelanggannya dengan kepeduliannya terhadap pelanggan jika mobilnya sudah waktunya diservis  kembali sehingga pelanggan merasa nyaman dengan fasilitas yang ia berikan.

Ada perbedaan tersendiri di bengkel Fiki, yakni loyalitas yang ia berikan ke pelanggan berupa kopi dan makanan seadanya. Sehingga pelanggan yang menunggu mobilnya bisa nongkrong dan bercerita seputar bengkel yang di tekuni itu.

“MAN JADDA WAJADA” barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil itulah selogan yang di lontarkan Fiki”, Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan