Debat Cawapres 2024 Akan Berlangsung Nanti Malam, Simak Jadwal, Siarannya, Dan Persiapannya

Debat Capres 2024 Akan Berlangsung Nanti Malam, Simak Jadwal, Siarannya, Dan Persiapannya
3 Calon Presiden 2024 saat duduk bareng. (Foto: Ig @cakiminow)

SUARARAKYATINDO.COM- Debat cawapres Pilpres 2024 bakal digelar hari ini, Minggu (21/1), di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta. Lantas, debat cawapres Pilpres 2024 hari ini jam berapa?

Debat kali ini mempertemukan para calon wakil presiden (cawapres), yaitu Cawapres 01 Muhaimin Iskandar, Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka, dan Cawapres 03 Mahfud MD.

Debat keempat ini menjadi debat yang kedua sekaligus yang terakhir bagi para cawapres. Mereka akan beradu ide dan gagasan sesuai tema debat yang telah ditentukan.

Tema yang dibahas pada debat cawapres hari ini yaitu Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Jadwal debat cawapres Pilpres 2024
Debat keempat Pilpres yang diikuti oleh kandidat cawapres dilaksanakan hari ini (21/1), pukul 19.00 WIB di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta.

Stasiun televisi yang akan menjadi media penyelenggara debat keempat adalah SCTV, Indosiar, dan MetroTV.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan moderator debat keempat Pilpres 2024 ini, yaitu Retno Pinasti yang merupakan jurnalis SCTV dan Zilvia Iskandar jurnalis Metro TV.

Merujuk Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023, total keseluruhan durasi debat 150 menit, yang terdiri atas durasi khusus debat yaitu 120 menit yang terbagi dalam enam segmen sedangkan 30 menit sisanya adalah iklan.

Dalam setiap debat, terbagi menjadi enam segmen, berikut rinciannya:

1. Segmen pertama berisi pembukaan, pembacaan tata tertib, serta penyampaian visi-misi dan program kerja.

2. Segmen kedua berisi pendalaman visi-misi dan program kerja.

3. Segmen ketiga pendalaman visi-misi dan program kerja yang dilakukan moderator.

4. Segmen keempat sesi tanya-jawab dan sanggahan.

5. Segmen kelima sesi tanya-jawab dan sanggahan.

6. Segmen keenam sesi penutupan.

Selanjutnya debat kelima yang menjadi debat terakhir dijadwalkan pada Minggu, 4 Februari 2024. Debat yang diikuti oleh tiga kandidat capres ini mengangkat tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Sebelumnya, KPU telah tiga kali menggelar debat Pilpres 2024, yakni pada 12 Desember 2023 (debat capres), 22 Desember 2023 (debat cawapres), dan 7 Januari 2024 (debat capres).

Jadwal debat capres dan cawapres Pilpres 2024

Berikut tema dan jadwal debat Pilpres 2024 yang dihelat KPU.

A. Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023 Tema debat (Capres): Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.
Tayang: TVRI dan RRI

B. Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023
Tema debat (Cawapres): Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.
Tayang: TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV

C. Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024
Tema debat (Capres): Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik. Tayang: MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV

D. Debat Keempat: Minggu, 21 Januari 2024
Tema debat (Cawapres): Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.
Tayang: SCTV, Indosiar, dan MetroTV

E. Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024
Tema debat (Capres): Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.
Tayang: TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV

Itulah informasi mengenai debat keempat Pilpres 2024 hari ini jam berapa. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan