Daerah  

Desa Sumberkatimoho Melakukan Selamatan Desa

Desa Sumberkatimoho Melakukan Selamatan Desa
Desa Sumberkatimoho Melakukan Selamatan Desa

SUARARAKYATINDO.COM, Probolinggo – Desa Sumberkatimo Melakukan selamatan yang begitu menarik, Karena acara ini, merupakan acara pertama kali di Desa Sumberkatimoho. Acara tersebut melibatkan berbagai kegiatan yakni kirab pawai obor, gunungan buah-buahan, santunan anak yatim.

Dalam malam puncak, selamatan Desa Sumberkatimo langsung di hadiri oleh Dr.Gus Haris Damanhuri Romli, Kiyai Holil Halili, Kiyai Dafir dan Habib Husain bin Abdurrahman, dan hal itu dibingkai dengan pengajian umum.

Acara selamatan ini, Guna untuk memeriahkan 10 Muharram Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah, warga Desa Sumberkatimoho, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

menggelar “Kadisah” atau selamatan desa dengan cara melakukan Kirab Jodang yang berisi hasil bumi masyarakat setempat, pada Minggu malam (7/8/2022).

Baca Juga:  Viral! Ketua DPRD Kabupaten Lumajang Tidak Hafal Teks Pancasila

Acara tradisi seperti ini dilakukan warga Desa Sumberkatimoho, perdana. Tujuan diadakan selamatan desa tersebut agar hasil pertanian mereka melimpah Dan mendapat lindungan Tuhan.

Dalam tradisi ini , gunungan buah-buahan dan pawai obor di arak dari kantor desa sampai ke rumah Bapak Kepala Desa, jarak yang di tempuh sekitar 1 kilometer.

Tak hanya itu yang diarak, namun ada juga sejumlah anak yatim yang ikut serta memeriahkan acara tersebut.

Sesampainya di rumah Kepala Desa, gunungan buah-buahan tersebut di letakkan di tengah-tengah kerumunan warga dan langsung di nilai oleh juri dari kecamatan.

Salah satu warga Yakin dan mengaku senang dengan diadakan Kadisah yang pertama kali di Desa Sumberkatimoho.
Warga meyakini, dengan adanya Kadisah atau selamatan desa ini akan menghasilkan panen melimpah.

Baca Juga:  Hadiri Tradisi Petik Laut di Probolinggo, Gus Haris Ingatkan Masyarakat Kalibuntu Jaga Kearifan Lokal

“Sebagai rasa syukur kepada Allah SWT, Alhamdulillah, warga semakin kompak merayakan tradisi ini, yang dilakukan pada 10 Muharram,” ujarnya.

Sementara itu, Sugianto Kepala Desa Sumberkatimoho mengatakan, kegiatan selamatan desa atau ‘Kadisah’ ini adalah salah satu bentuk syukur masyarakat terhadap tuhan yang maha kuasa dengan diberikannya keberkahan dan kelancaran rezeki.

“Saya berharap dengan dilaksanakannya Kadisah atau selamatan desa dengan kirab Jodang ini, warga masyarakat Desa Sumberkatimoho bisa diberikan kemakmuran dan kelancaran rezeki oleh tuhan yang maha kuasa dalam menjalankan kegiatan sehari-hari”, pungkasnya

Tinggalkan Balasan