Berita  

Hari Raya Nyepi Dan Sejarah Tradisi Agama Hindu

Hari Raya Nyepi Dan Tradisi Agama Hindu
Perayaan Hari Raya Nyepi yang di lakukan oleh ummat Hindu. (Foto: Ilustrasi)

SUARARAKYATINDO.COM- Hari Raya Nyepi dilakukan oleh Umat Hindu dan pada saat perayaan itu, ada beberapa tradisi yang harus di lakukan oleh segenap Umat Hindu.

Perayaan Hari Raya Nyepi Tak lain adalah Sebagai menyambut Tahun Baru Saka. Tentunya, hal itu sudah di tunggu oleh segenap umat Hindu.

Hari Nyepi yang berasal dari kata ‘sepi’, dengan arti ‘hening dan senyap’, dirayakan pada tanggal 1 bulan ke-10 Caka (Saka) atau dengan sebutan “Pananggalan Apisan Sasih Kedasa“.

Terdapat sejumlah tradisi yang dilakukan pada Hari Raya Nyepi, yang dalam pelaksanaannya merupakan sebuah rangkaian selama beberapa hari ketika acara itu berlangsung.

Tahun baru Saka bermakna sebagai hari kebangkitan, hari kebersamaan yang meliputi persatuan dan kesatuan, hari pembaharuan, dan hari kedamaian sekaligus hari kerukunan nasional.

Dalam menyambut hari Nyepi ini, Pemerintah dalam 16 hari libur nasional 2022 yang tertuang dalam Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021, Nomor 4 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022.

umat Hindu di Bali mengendalikan diri dengan tidak bepergian, tidak bekerja, melakukan puasa, dan menghindari aktivitas yang dapat mengotori raga selama selama 24 jam, mulai pukul 05.00 WIB pagi hingga 05.00 WIB pagi keesokannya. Di sisi lain, ada sejumlah rangkaian tradisi yang dilakukan pada Hari Raya Nyepi yang kerap dilakukan, yakni berikut ini.

1. Upacara Melasti atau Mekiis

Menurut Dr I Wayan Suwena dalam penelitian berjudul “Fungsi dan Makna Ritula Nyepi di Bali”, upacara melasti, mekiis, atau melis, biasanya dilaksanakan tiga atau dua hari sebelum pelaksanaan Nyepi.

Fungsi acara ini untuk menyucikan peralatan upacara dan personal yang akan melaksanakan ritual catur brata penyepian saat hari Nyepi.

Saat upacara melasti, pretima dan perlengkapan upacara diarak ke pantai atau sungai untuk disucikan. Dalam hal ini ada pandangan bahwa air laut, danau, atau sungai adalah sumber air suci yang dipercaya dapat membersihkan kotoran.

2. Upacara Tawur Agung

Upacara tawur agung, tawur kesanga, atau upacara pengrupukan dilaksanakan sehari sebelum melakukan Nyepi, tepatnya pada waktu pergantian tahun menurut perhitungan Hindu Bali.

Upacara ini bermaksud agar alam semesta dan diri manusia terjaga dari gangguan bhuta kala.

3. Nyepi

Saat Nyepi, umat Hindu di Bali akan bermeditasi dan merenungkan diri untuk dapat kembali ke jati diri. Selama 24 jam, umat Hindu akan melakukan beberapa

Tentunya dalam masing-masing agama ada hari raya tersendiri dan pada hari ini hari raya bagi umat Hindu.

Semoga kita selalu menjaga solidaritas kita bagi umat agama yang lain agar selalu tidak ada perbedaan dan selalu menjaga persaudaraan kita antar agama.

Tinggalkan Balasan