Jangan Sampai Terlambat, Ini Kesalahan Mencuci Muka yang Bisa Merusak Kulit, Apa Saja?

Ilustrasi membersihkan kulit wajah dan menjaganya tetap segar dan sehat. Foto: Freepik.com

SUARARAKYATINDO.COM – Lifestyle, Aktivitas mencuci muka merupakan salah satu perawatan kulit yang bertujuan membersihkan kulit wajah dan menjaganya tetap sehat.

Namun rupanya, seringkali ada beberapa cara mencuci muka yang justru bisa menyebabkan kerusakan kulit.

Nah, beberapa kesalahan tersebut ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit Anda.

Seperti yang dilansir Suararakyatindo.com dari laman Halodoc, berikut tiga kesalahan mencuci muka yang justru akan memicu kerusakan kulit.

1. Cuci Muka Terlalu Sering

Alih-alih berharap agar wajah tetap bersih dan sehat, terlalu sering mencuci muka justru bisa menyebabkan kulit wajah menjadi iritasi dan rusak.

Karena dengan sering mencuci muka, kulit wajah kehilangan banyak lemak alami. Karena itu, cukup mencuci muka dua kali sehari.

2. Bilas dengan Air Hangat

Kesalahan selanjutnya saat mencuci muka adalah mencuci dengan air panas. Hal ini justru akan menyebabkan kulit menjadi kering dan mudah rusak.

Selain itu, tips mencuci muka yang benar adalah dengan membilasnya secara menyeluruh agar tidak menyumbat pori-pori kulit Anda dengan sisa sabun di wajah.

3. Menggosok Wajah dengan Handuk

Mengeringkan wajah dengan handuk yang digosok terlalu kencang dapat mengurangi elastisitas kulit sehingga menyebabkan kerusakan pada skin barrier.

Oleh karena itu, cukup dengan menepuk ringan dengan handuk lembut agar kulit tidak terluka.

Tinggalkan Balasan