Jelang Debat Capres di KPU, Hal Itu Lumrah di Tubuh AMIN

Jelang Debat Capres di KPU, Hal Itu Lumrah di Tubuh AMIN
Anies Baswedan dan Muhaimin Saat mengisi acara. (Foto: Ig @cakiminow)

SUARARAKYATINDO.COM- Assistant Coach Tim Kampanye Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Timnas AMIN, Jazilul Fawaid, menyatakan tidak khawatir menghadapi debat pertama calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024.

Debat itu akan dilaksanakan di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat pada malam hari ini, Selasa, 12 Desember 2023.

Menurut Jazilul, dia tidak khawatir karena Anies dan Muhaimin sudah terbiasa berdebat sejak dulu. “Pak Anies dan Pak Muhaimin kan sudah terbiasa debat sejak jadi ketua BEM, pengurus di pemuda, udah biasa debat,” kata Jazilul saat dihubungi pada Senin, 11 Desember 2023.

Dia berujar pasangan calon yang dia dukung itu sudah menguasai topik debat malam ini karena biasa bergelut dengan isu tersebut sejak dulu. “Topiknya kan pemerintahan, demokrasi, HAM, korupsi. Nah, yang saya pikirkan tema-tema itu terbiasa sejak mahasiswa itu sudah dikaji terus,” ucap dia.

Apalagi, Jazilul berujar, Anies dan Muhaimin termasuk orang-orang yang mendorong reformasi pada 1998. Maka dari itu, dia mengklaim isu-isu seperti pemerintahan yang bersih dari KKN dan demokrasi serta partisipasi rakyat yang luas merupakan makanan sehari-hari bagi mereka.

“Itu tema yang hemat saya Pak Anies dan Gus Muhaimin bukan hanya gagasan, tapi sudah dikerjakan,” kata Jazilul.

Debat pertama untuk para calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024 akan diselenggarakan di Gedung KPU, Jakarta Pusat pada malam nanti, 11 Desember 2023.

KPU menetapkan debat kali ini dibuka dengan pembahasan tema tentang hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, serta kerukunan warga.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari menjelaskan runtutan debat capres yang mempertemukan tiga kandidat, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Hasyim mengklaim format ini agak berbeda dari debat sebelumnya. Debat kali ini interaksi antar calon lebih banyak.

Menurut Hasyim, calon wakil presiden turut hadir di dalam arena debat. “Pertama soal siapa yang tampil, saya tegaskan yang tampil di panggung dan berdebat hanya capresnya saja,” kata Hasyim dalam keterangan pers di gedung KPU, Senin, 11 Desember 2023.

Tinggalkan Balasan