Jokowi: Posisi KSAD Sebentar Lagi Akan Terisi, Ini Nama Calonnya

Jokowi: Posisi KSAD Sebentar Lagi Akan Terisi, Ini Nama Calonnya
Luhut Binsar Panjaitan saat bertemu dengan Presiden Jokowi. (Foto: ig @luhut.pandjaitan)

SUARARAKYATINDO.COM- Presiden Joko Widodo membenarkan bahwa menantu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, yang juga Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Maruli Simanjuntak jadi salah satu kandidat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Jokowi mengatakan, ada sejumlah jenderal yang masuk dalam bursa KSAD pengganti Jenderal Agus Subiyanto. Namun, ia belum memutuskan satu nama.

“[Maruli] salah satu kandidat,” kata Jokowi di Indonesia Arena, Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

Namun demikian, Jokowi enggan membeberkan kandidat lainnya. Ia hanya memastikan nama KSAD akan diputuskan pekan depan. “Minggu depan ini kita putuskan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, posisi KSAD kosong setelah Jenderal Agus Subiyanto dilantik menjadi Panglima TNI. Angkatan Darat saat ini dipimpin oleh Wakil KSAD Letjen Arif Rahman.

Sejumlah nama beredar di bursa calon KSAD. Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid juga menyebut Maruli Simanjuntak sebagai salah satu kandidat.

Selain itu, Meutya menyebut ada nama Kepala BNPB Letjen Suharyanto dan Koorsahli KSAD Letjen I Nyoman Cantiasa.

Maruli adalah lulusan Akademi Militer tahun 1992 cabang infanteri. Dia pernah menjabat Danrem 074/Warastratama Surakarta.

Maruli juga pernah menjadi Komandan Paspampres 2018-2020. Ia juga menduduki posisi Pangdam IX/Udayana tahun 2020 dan Pangkostrad tahun 2022.

Tinggalkan Balasan