Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Khazanah

Keistimewaan-keistimewaan dan Peristiwa yang Terjadi di Bulan Muharram

×

Keistimewaan-keistimewaan dan Peristiwa yang Terjadi di Bulan Muharram

Sebarkan artikel ini

Suararakyatindo.com – Peringatan 1 Muharram ternyata bersamaan dengan penanggalan Jawa yaitu 1 Suro. Bedanya, jika dalam pandangan sejumlah kalangan orang Jawa, 1 Suro dikeramatkan dan dikaitkan dengan hal-hal mistis, namun bagi umat Islam, satu Muharram sangat dimuliakan.

Dalam pandangan Islam, bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang memiliki berbagai keistimewaan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk membaca

Seperti yang dikutip Suararakyatindo.com dari laman NU Online, berikut adalah sejumlah keistimewaan bulan Muharram.

1. Istimewa karena Bulan Pertama

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriah. Karena bulan ini istimewa, maka umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan menjauhi perbuatan yang dilarang.

Allah juga akan melipatgandakan segala amal baik yang dilakukan pada bulan Muharram. Hal itu sebagaimana dalam firman Allah dalam Q.S at-Taubah ayat 36:

 اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan,(sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauhulmahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa”.

Baca Juga:  Agar Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda, Berikut Amalan Sunnah Bulan Ramadhan Beserta Dalilnya yang Bisa Dikerjakan

Muharram merupakan salah satu dari empat bulan haram yang diistimewakan dan berkedudukan tinggi dalam Islam, sedangkan tiga lainnya adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Rajab.

2. Allah menerima taubat umat Islam di bulan ini 

Keistimewaan lain dari bulan Muharram adalah dalam salah satu harinya, Allah akan menerima taubat umat Islam. Hal itu termaktub di dalam hadits Rasulullah berikut:

«إِنْ كُنْتَ صَائِمًا شَهْرًا بَعْدَ رَمَضَانَ، فَصُمِ الْمُحَرَّمَ فَإِنَّهُ شَهْرُ اللَّهِ، وَفِيهِ يَوْمٌ تَابَ فِيهِ قَوْمٌ، وَيُتَابُ فِيهِ عَلَى آخَرِينَ»

Artinya: “Jika kamu berpuasa satu bulan setelah Ramadhan, maka berpuasalah di bulan Muharram karena itu adalah bulan Allah. Di dalamnya terdapat satu hari di mana suatu kaum bertaubat, dan akan ada kaum lainnya yang bertaubat pada hari itu.” [HR. Ibnu Syaibah].

Dari hadits tersebut, umat Islam juga dianjurkan puasa agar dosanya diampuni.

Puasa pada bulan Muharram, khususnya pada hari Asyura (10 Muharram), memiliki keutamaan antara lain dapat menghapus dosa-dosa kecil selama setahun yang telah berlalu.

3. Banyak terjadi peristiwa bersejarah bagi umat Islam

Baca Juga:  Begini Hukumnya Bersenggama di Waktu Setelah Subuh Pada Bulan Ramadhan, Pasutri Harus Tau Ini

Umat Islam diberi kesempatan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta mengambil pelajaran dari peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan Muharram.

Sebagaimana diketahui bahwa bulan Muharram begitu spesial bagi umat Islam karena banyak terjadi peristiwa bersejarah di dalamnya, antara lain sebagai berikut:

1. Allah SWT menerima taubat Nabi Adam as setelah diturunkan dari surga.

2. Diangkatnya Nabi Idris as ke tempat yang tinggi.

3. Diturunkannya Nabi Nuh as dari kapal, setelah banjir bandang.

4. Nabi Ibrahim as selamat dari bakaran apinya raja Namrud.

5. Allah menurunkan kitab Taurat pada Nabi Musa as.

6. Dikeluarkannya Nabi Yusuf as dari penjara.

7. Nabi Ya’qub as sembuh dari buta berkat wasilah pakaiannya Nabi Yusuf as.

8. Disembuhkannya Nabi Ayyub as dari sakit kulit yang berkepanjangan.

9. Dikeluarkannya Nabi Yunus as dari perut ikan Nun.

10. Di belahnya lautan bagi Bani Israil yang melarikan diri dari kejaran raja Fir’aun Mesir yang kejam.

11. Diampuninya Nabi Dawud as dari kesalahannya.

12. Diberinya Nabi Sulaiman as kekuasaan berupa kerajaan.

13. Diangkatnya Nabi Isa as ke langit setelah dikepung bangsa Romawi.

14. Diampuninya kesalahan yang telah lewat dan yang akan datang dari Nabi Muhammad saw.

Example 120x600