Khofifah Menjadi Salah Satu Calon Terkuat di Pilkada Jatim, Benarkah Itu?

Khofifah Menjadi Salah Satu Calon Terkuat di Pilkada Jatim, Benarkah Itu?
Khofifah Indar Parawansa saat mengisi sambutan. (Foto: Ig @khofifah.ip)

SUARARAKYATINDO.COM- Nama Khofifah Indar Parawansa masih menjadi salah satu bakal calon terkuat dalam Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024 mendatang. Sejumlah partai politik bahkan sudah menyatakan dukungan kepada petahana tersebut.

Meski menjadi yang terkuat, Khofifah bakal bisa diimbangi calon lain namun dengan sejumlah kriteria. Salah satunya adalah kedekatan dengan kalangan Nahdlatul Ulama (NU)

“Kriteria yang bisa mengimbangi Khofifah, harus dekat dengan Nahdliyin, termasuk Muslimat, Fatayat, atau dekat dengan kalangan NU,” kata Pengamat Komunikasi Politik Universitas Brawijaya (UB) Anang Sujoko, Minggu (28/4/2024).

Lebih lanjut, ia mengemukakan bahwa kedekatan dengan NU menjadi salah satu poin penting. Calon yang akan maju juga harus dekat dengan kalangan kiai di luar struktur kepengurusan NU.

Anang mengemukakan, dukungan tersebut penting mengingat basis massa NU di Jatim sangat kuat.

“Itu sangat penting karena basis massa di Jawa Timur sangat kuat dari kalangan NU,” katanya.

Selain dukungan serta kedekatan dengan NU, calon juga harus memiliki integritas dan kapabilitas yang berarti memiliki pengalaman di pemerintahan, baik di Jatim maupun di luar daerah.

“Kedua, baru berbicara terkait dengan integritas dan kapabilitas. Semoga ini bisa menjadi pemicu munculnya sebuah demokrasi yang kompetitif di Jawa Timur,” katanya.

Meski begitu, ia mengatakan bahwa calon potensial lain harus berhitung sangat serius untuk maju dan mengimbangi Khofifah.

“Majunya Khofifah memang akan dianggap sebagai calon yang sangat kuat oleh siapapun. Karena sangat kuat, beberapa calon potensi secara kemampuan, harus berhitung sangat serius untuk maju. Hingga saat ini, belum nampak calon lain yang bisa dimunculkan,” katanya.

Tinggalkan Balasan