Daerah  

Komunitas PIT Dhuwur Kawal Tata Ruang Yogyakarta, “Genjot KPK, Ayo Bersepeda”

Komunitas PIT Dhuwur Kamal Tata Ruang Yogyakarta, "Genjot KPK, Ayo Bersepeda"
Komunitas PIT Dhuwur Yogyakarta melakukan aksi dengan bersepeda. Foto; SRI

SUARARAKYATINDO.COM, Yogyakarta –  Sejumlah komunitas PIT Dhuwur melakukan aksi dengan bersepeda dari Jalur Balai Kota – UIN- Tugu -Nol Km- Balai kota. pada hari Minggu (26/6/2022).

“Kegiatan ini di gelar untuk mengingatkan kembali pada publik Yogyakarta bahwa tata ruang hari ini masih menuai persoalan, dari minimnya ruang terbuka hijau, alih fungsi lahan, masifnya pembangunan hotel, perebutan sumber daya air”, Ujar komunitas PIT Dhuwur.

Tak hanya itu, komunitas PIT Dhuwur juga mengangkat kasus suap perizinan pembangunan apartemen yang menjerat Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menjadi potret adanya korupsi dalam pengeluaran izin pembangunan proyek.

Kasus ini harusnya menyadarkan publik bahwa kita perlu hati-hati dengan pembangunan di Yogyakarta, karena berpotensi mengandung unsur korupsi.

Baca Juga:  KPK OTT Kasus Dana Hibah, Bupati LIRA ; Kasus Ini Masif di Jawa Timur

Kasus eks wali kota itu hanyalah 1 preseden buruk dari rentetan preseden yang pernah ada seperti dugaan korupsi dalam pembangunan stadion mandala krida, saluran air dll. Tambahnya.

Korupsi mengancam hilangnya perlindungan hak warga atau akses warga terhadap ruang hidupnya. Apalagi ditengah maraknya proyek pembangunan, termasuk hotel atau apartemen yang mana tidak lepas dari potensi dampak negatif terhadap masyarakat seperti kemacetan, menghalangi sinar matahari masuk pemukiman warga yogyakarta.

Penggusuran warga, krisis air. Oleh karena, itu penting kiranya publik turut terlibat dalam membongkar dan mengawal berbagai proyek pembangunan beraroma korupsi.

Meraka meminta jangan sampai terulang kembali kejadian yang membawa korban seperti warga miliran yang airnya kering akibat pembangunan hotel, pedagang pasar kembang yang digusur PT KAI akibat penghilangan pasar tradisional dari tata ruang kota yogyakarta.

Baca Juga:  Ketua Komisi VI DPR RI Gandeng SIG Dorong Sektor Konstruksi Berkembang di Probolinggo

Komunitas PIT Dhuwur juga yang terintimidasi saat menyuarakan buruknya kualitas udara yogyakarta.

Demi Yogyakarta yang bersih dari korupsi dan pelanggaran Hak Asasi Manusia HAM. Mereka mengajak seluruh publik Yogyakarta turut andil untuk menyuarakan haknya.

Adapun tuntunan dalam aksi yang di lakukan oleh Komunitas PIT Dhuwur

1. Mendukung KPK menyelesaikan kasus korupsi di yogyakarta sampai ke akar akarnya.
2. Membongkar atau melaporkan kasus yang berpotensi korupsi.
3. Mengingatkan pemangku kebijakan hari ini dan hari yang akan datang agar serius dalam penyelenggaraan pemerintah dan memperhatikan kepentingan publik.

Tinggalkan Balasan