Hukum  

KPK Kembali Panggil Lukas Enembe. Ini Kasusnya

KPK Kembali Panggil Lukas Enembe. Ini Kasusnya
Gubernur Papua Lukas Enembe. Foto: tvone

SUARARAKYATINDO.COM- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan kembali melakukan pemanggilan. Sebab, ketika di panggil pertama tersangka alasannya sakit.

Sebelumnya, Enembe sudah melakukan panggilan akan tetapi tersangka dugaan suap dan gratifikasi Gubernur Papua Lukas Enembe setelah urung memenuhi pemanggilan pertama.

Wakil Ketua KPK Alexander Marawata mengatakan, mekanisme pemanggilan terhadap tersangka yang sudah masuk penyidikan memang sejatinya dilakukan berulang jika di panggilan pertama berhalangan.

Diketahui, tim penyidik KPK telah melakukan pemanggilan pertama terhadap Lukas Enembe, namun Gubernur Papua itu tak bisa hadir karena sedang sakit.

“Seperti biasa, ketika dipanggil pertama menyatakan sakit, dan tidak bisa memenuhi panggilan KPK, kita akan panggil lagi. kan seperti itu,” kata Alexander saat konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, dikutip Kamis (15/9/2022).

Hal tersebut juga kata Alexander sesuai dan tertuang dalam ketentuan peraturan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Kendati demikian, Alexander belum memerinci kapan tim penyidik KPK bakal melakukan pemanggilan selanjutnya terhadap Lukas Enembe. “Jadi, kita ikuti saja ketentuan peraturan sesuai dengan KUHAP, ya,” ujar dia.

Sebelumnya, dilansir Tribun-Papua.com, Lukas Enembe batal menghadiri pemeriksaan oleh KPK di Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja, Senin (12/9/2022).

Tinggalkan Balasan