Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Hukum

Lagu Bisa Menjadi Jaminan Bank, Ini Respon Yasonna

×

Lagu Bisa Menjadi Jaminan Bank, Ini Respon Yasonna

Sebarkan artikel ini
Lagu Bisa Menjadi Jaminan Bank, Ini Respon Yasonna
Yasonna Laoly lagi bisa di jadikan jaminan di bank. (Foto; Menkumham)

SUARARAKYATINDO.COM- Menkumham Yasonna Laoly merespon terkait Lagu sudah bisa menjadi jaminan untuk Bank dan bukan bank. itu merupakan tindakan yang bagus bagi para musisi di Indonesia.

Menkumham Yasonna Laoly mengatakan bahwa lagu yang diunggah di Youtube bisa menjadi jaminan utang ke bank.

Advertisement
Scroll kebawah untuk membaca

Perkataan Menkumham Yasonna Laoly mengacu kepada peraturan pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 yang dikeluarkan Presiden Jokowi pada 12 Juli 2022.

Baca Juga:  Diduga Rugikan Negara Rp 8,32 Triliun, Jhonny Plate Ternyata Bos Tanah, Segini Total Kekayaan Menkominfo

Dalam PP Nomor 24 tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif disebutkan jika produk kekayaan intelektual, salah satunya lagu, bisa menjadi penjamin utang ke lembaga keuangan atau nonbank.

Terkait hal ini, Menkumham Yasonna Laoly mengatakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya, lagu atau karya itu telah mendapatkan sertifikat dari Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham.

“Kalau lagu (yang) kita ciptakan masuk ke YouTube, kalau sudah dia jutaan viewers. Itu sertifikatnya sudah punya nilai jual. Kalau kita tiba-tiba membutuhkan uang, kita bisa gadaikan di bank,” ujar Yasonna di Yogyakarta, Kamis (21/7/2022).

Baca Juga:  Kapolres Situbondo: Kasus Narkoba dan Miras Meningkat

Yasonna menambahkan bahwa sertifikat hak cipta atau hasil karya sendiri bisa menjadi jaminan itu sudah sangat baik bagi para musisi Indonesia.

“Hak Kekayaan Intelektual kita, sertifikat Hak Kekayaan Intelektual kita dapat dijadikan sebagai jaminan fidusia,” sambung Yasonna.

Example 120x600