Daerah  

Membanggakan! Finalis Duta Parekraf Jawa Timur 2023 Merupakan Mahasiswa Asal Probolinggo

Sugiyanto, Mahasiswa Surabaya asal Probolinggo turut berpartisi dalam ajang Pemilihan Putera Puteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jawa Timur
Sugiyanto, Mahasiswa Surabaya asal Probolinggo. (Foto: Sugiyanto)

SUARARAKYATINDO.COM, Surabaya- Awal tahun 2023 dilaksanakannya Pemilihan Putera Puteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jawa Timur oleh Regional Director Putera Puteri Parekraf Jawa Timur. Ajang Kompetisi tersebut diikuti oleh setiap kabupaten/kota di Jawa Timur. Adapun pesertanya mencapai 200 lebih pendaftar.

Sugiyanto, Mahasiswa Surabaya asal Probolinggo turut berpartisi dalam ajang itu. Ia berhasil melaju grand final dan berakhir pada top 7 pada (26/01/2023). Sehingga, sugik, sapaan akrabnya, menjadi Duta Parekraf dengan gelar Prince Education Teen Jawa Timur (Duta Wawasan Edukasi dan Pendidikan).

“Saya merupakan top 7 yang dimana menjadi duta parekraf dengan gelar prince education teen Jawa timur ( Duta wawasan Edukasi Serta Pendidikan),” kata sugik saat dihubungi via whatsapp, Kamis (26/01/2023).

Saat pandemi covid-19 melanda, seketika kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya terdampak. Akibatnya, aktivitas penggerak ekonomi masyarakat mengalami penurunan drastis. Sejak dilontarkannya aturan pemerintah terkait covid-19, masyarakat mulai bangkit dan menggerakkan kembali perekonomian nya seperti aspek pariwisata dan umkm.

Menjadi Duta Wisata merupakan keinginannya. Hal itu dimaksudkan agar memudahkan dalam memperkenalkan potensi ekonomi kreatif Kabupaten Probolinggo seperti aspek Pariwisata dan UMKM. Pasalnya, Kabupaten Probolinggo merupakan tempat yang indah dan asri, baik di dataran tingginya (pegunungan) hingga dataran rendahnya (pesisir).

“melihat pariwisata yang mulai redup, maka saya ingin menjadi duta wisata dimana saya akan memperkenalkan bahwa kabupaten Probolinggo memiliki sejuta keindahan yang asri serta UMKM merupakan ekonomi kreatif yang dapat menjadi faktor perekonomian bahkan memberikan dampak positif bagi para pelaku ekraf,” ujarnya.

Sugik menambahkan, ia berpesan pada anak-anak generasi z agar turut terlibat dalam mengembangkan pariwisata di wilayahnya masing-masing dengan dimulai dari dirinya sendiri.

“ayo anak generasi z dapat mengembangkan pariwisata kita dengan memulai dari diri kita sendiri,” tambahnya.

Grand Final Pemilihan Putera Puteri Pariwisata & Ekonomi kreatif Jawa Timur 2023 dilaksanakan di grand city mall Surabaya pada 26 Januari 2023.

Tinggalkan Balasan