MenPAN-RB Kosong, Itu Berdampak Pada Kinerja Kementerian

MenPAN-RB Kosong, Itu Berdampak Pada Kinerja Kementerian
Komisi II DPR RI Fraksi PKS, Mardani Ali Sera. (Foto;PKS)

SUARARAKYATINDO.COM – MenPAN-RB kosong saat Tjahjo Kumolo meninggal pada Jum’at 1/7/2022 kemaren. Posisi menteri itu langsung di respon oleh Komisi II DPR RI Fraksi PKS, Mardani Ali Sera yang mengatakan agar posisi MenPAN-RB kosong lama.

Posisi MenPAN-RB kosong seandainya lama, maka akan berdampak pada program-program yang ada di kementerian tersebut.

menyarankan Presiden Jokowi untuk tidak membiarkan posisi MenPAN-RB kosong lama sepeninggal Tjahjo Kumolo yang wafat pada Jumat (1/7/2022).

Saat ini, MenPAN-RB untuk sementara digantikan oleh Mentri Menko Polhukam Mahfud MD.

“Hak Pak Jokowi untuk menyegerakan atau menunda satu bulan ke depan. Tapi jangan lebih dari satu bulan,” ujar Mardani kepada wartawan, Sabtu (2/7/2022).

Baca Juga:  Jokowi Buka Suara Atas Batanya Hukuman Mati Ferdy Sambo, Samuel Hutabarat; Saya Kecewa

Ketua DPP PKS itu menilai kekosongan kursi menteri yang terlalu lama akan berdampak pada kinerja di Kementerian tersebut.

“Satu bulan waktu terlama untuk mengisi kekosongan. Setelah itu akan berpotensi melambat proses perbaikannya,” tuturnya.

Soal pengganti Tjahjo, Mardani menilai tidak harus dari kalangan partai, melainkan sosok siapa saja yang kompeten.

“Cari yang terbaik. Tidak harus dari partai. Karena reformasi birokrasi satu dari lima program utama Pak Jokowi,” tandas Mardani.

Sebelumnya, Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia pada Jumat, (1/7/2022). Pemerintah akan segera mencari sosok pengganti Tjahjo untuk menduduki kursi menteri yang ditinggalkannya tersebut.

“Tentunya kita ingin mencari pengganti secepat-cepatnya. Namun saat ini suasana masih dalam suasana duka dan tentunya butuh diskusi dan menyesuaikan dengan agenda-agenda Presiden lainnya,” kata Staf Khusus Sekretaris Negara Faldo Maldini, Sabtu, (2/7/2022).

Baca Juga:  Menag Yaqut Cholil Qoumas Ajak Masyarakat Untuk Sholat Ghaib Untuk Palestina

Pemerintah kata dia, akan mencari sosok yang tepat untuk menduduki kursi Menteri PAN RB.

Sekarang ini pemerintah akan mengupayakan fungsi-fungsi tata kelola di Kementerian PAN RB berjalan dengan optimal.

“Kita tunggu saja keputusan Presiden seperti apa,” katanya.

Menurut Faldo tidak perlu ada kekhawatiran dengan kosongnya kursi Menteri PAN RB sekarang ini. Ia mengatakan pola dan sistem kerja yang ditinggalkan almarhum Tjahjo sangatlah baik. Faldo mengajak masyarakat mendoakan almarhum Tjahjo Kumolo agar dimudahkan jalannya.

Tinggalkan Balasan