Hukum  

Pakai Emas Imitasi, Kepala Penggadaian Syariah Ditangkap

Pakai Emas Imitasi, Seorang Kepala Penggadaian Syariah Ditangkap
Seorang petinggi Kantor Penggadaian Syariah di Serang Banten berinisial WR ditahan Kejati Banten terkait gadai fiktif. Foto; Detik.com

SUARARAKYATINDO.COM, Serang – Seorang petinggi Kantor Penggadaian Syariah di Serang Banten berinisial WR ditahan Kejati Banten terkait gadai fiktif.

Ditemukan bukti bahwa tersangka menerbitkan sejumlah produk gadai fiktif dengan total kerugian Rp. 2,6 miliar.

Tiga produk gadai fiktif yang dibuat tersangka yaitu yang pertama, membuat dan menerbitkan RHAN fiktif dengan 90 transaksi menggunakan 40 KTP tanpa izin dengan jaminan emas imitasi. Total transaksinya adalah Rp 2,3 Miliyar.

Kemudian yang kedua yaitu membuat produk arrum emas fiktif sebanyak 6 transaksi dengan menggunakan KTP orang lain, nilai total transaksi adalah Rp 230 Juta.

Ketiga adalah membuat tiga transaksi penafsiran emas dan berlian di atas ketentuan taksiran yang ditetapkan senilai Rp 54 Juta.

Uang hasil gadai fikif itu digunakan tersangka untuk keperluan pribadi seperti untuk trending dan berjalan-jalan ke luar negeri.

Pelaku sekarang ditahan di Rutan Kelas II B Pandeglang.

Pelaku akibat perbuatannya dijerat dengan undang-undang RI nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, dengan ancaman pidana penjara 5 tahun.

Tinggalkan Balasan