Daerah  

Petik Laut Setahun Diadakan Oleh Masyarakat Kalibuntu Probolinggo

Petik Laut Setahun Diadakan Oleh Masyarakat Kalibuntu Probolinggo
Petik laut diadakan oleh masyarakat Kalibuntu Kraksaan Probolinggo. (Foto; SRI)

SUARARAKYATINDO.COM, Probolinggo- Tradisi Petik laut yang dilakukan oleh masyarakat Kalibuntu, Kabupaten Probolinggo merupakan tradisi setiap tahun satu kali.

Tak hanya masyarakat Kalibuntu yang Mengikuti acara Petik Laut, akan tetapi segenap tokoh-tokoh yang ada di Probolinggo juga hadir diantaranya; Gus Haris, Malik Haramain, dan Habib Mahdi.

Segenap kapal milik masyarakat Kalibuntu, dihiasi, tak lain itu adalah sebagai bentuk antusias masyarakat Kalibuntu untuk acara Petik laut.

Pak Rasuki Putra selaku masyarakat Kalibuntu mengatakan bahwa acara Petik laut ini diadakan satu tahun satu kali. Sebagai bentuk rasa syukur kita atas rezeki yang kita peroleh di laut karena mata penghasilan kita berasal dari laut.

“Tradisi ini digelar sebagai rasa syukur atas limpahan hasil laut para nelayan selama setahun,” katanya

Petik Laut ini adalah warisan leluhur yang disebut sebagai sedekah masyarakat terhadap laut yang selama satu tahun menjadi tempat mereka mengais rezeki. Setiap tahun para nelayan setempat melaksanakan acara adat Petik Laut.

“Petik Laut adalah Warisan Para Leluhur kita, jadi kita sampai sekarang masih tetap di lestarikan”, tambahnya.

Semoga tradisi petik laut yang dilakukan oleh masyarakat Kalibuntu khususnya tetap eksis sampai kapanpun. Karena itu merupakan tradisi nenek moyang.

Tinggalkan Balasan