Real Madrid Vs Atletico Madrid, 3-1. El Real Lolos Ke Perempat Final

Real Madrid Vs Atletico Madrid, 3-1. El Real Lolos Ke Perempat Final.
Vincius Jr Giring Bola berhadapan Dengan Grizman. (Foto: Ig RealMadrid)

SUARARAKYATINDO.COM- Real Madrid sukses lolos dari babak perempat final Copa Del Rey 2022/2023. Kepastian itu diperoleh setelah Real Madrid Berhasil menumbangkan Atletico Madrid dengan skor 3-1 di Santiago Bernabeu, Jumat (27/1/2023) WIB. Real Madrid Vs Atletico Madrid, 3-1.

Jual beli serangan tersaji sejak menit awal babak pertama jadi milik Atletico. Gol dari Alvaro Morata di menit ke-19 semakin menegaskan betapa buruknya pertahanan Madrid selama 45 menit pertama.

El Real baru bangkit di babak kedua dengan lebih banyak menyerang dan nyaman menguasai bola. Hasilnya di menit ke-79, Rodrygo mencetak gol lewat aksi individunya melewati tiga pemain Atletico.

Laga kemudian berlanjut ke babak tambahan. Nasib baik berpihak kepada Real Madrid Kartu merah dilayangkan kepada Pemain Atletico Madrid yang diterima Stefan Savic di menit ke-99 membuat Madrid makin leluasa menguasai permainan.

Hasilnya, Madrid berbalik unggul di menit ke-104 lewat gol Karim Benzema. Kemudian Vinicius Junior menambah satu gol lagi di menit ke-120’+1.

Kemenangan ini mengantarkan Madrid ke babak semifinal. Tiga tim lain yang sudah lolos adalah Barcelona, Athletic Bilbao, dan Osasuna.

Babak Pertama

Pertahanan rapat ala Atletico ditampilkan dengan begitu sempurna sepanjang 15 menit pertama. Madrid yang tampak frustrasi karena sulit menembus pertahanan rapat tersebut.

Saat mendapatkan bola, Atletico tidak selalu untuk terburu-buru melakukan serangan. Ketika tidak ada ruang di belakang garis pertahanan Madrid, Atletico akan sabar menguasai bola.

Permainan apik itu membuat Atletico menciptakan gol yang indah di menit ke-19. Permainan kaki ke kaki dari Angel Correa dan Koke membongkar sisi kiri pertahanan Madrid.

Nahuel Molina yang sudah melakukan overlap pun dengan cepat mengirim umpan silang mendatar ke dalam kotak penalti. Alvaro Morata sukses menyambutnya dan membuat publik tuan rumah terhenyak.

Madrid kesulitan untuk segera bangkit. Atletico yang cenderung menempatkan banyak pemain di dekat dan dalam kotak penalti membuat ruang untuk berkreasi jadi sempit.

Madrid hanya bisa mengancam lagi lewat situasi tendangan bebas. Toni Kroos berhasl mengirimkan umpan ke Eder Militao, yang kemudian gagal disundul tepat ke gawang pada menit ke-31.

Jelang akhir laga, Madrid terpaksa mengganti satu pemainnya. Ferland Mendy menderita cedera dan digantikan oleh Dani Ceballos di menit ke-44.

Babak Kedua

Madrid sedikit membaik di babak kedua. Progresi bola berjalan lebih lancar untuk mengatasi pertahanan rapat milik Atletico.

Perubahan strategi itu nyaris membawa Madrid menyamakan kedudukan di menit ke-58. Sayangnya tendangan Karim Benzema dihentikan dengan sempurna oleh kiper Oblak dengan tangan kanannya.

Permainan Madrid yang mulai membaik berimbas pada serangan Atletico yang jadi sangat minim. Kesempatan terbaik baru tercipta di menit ke-73 lewat tendangan bebas langsung Antoine Griezmann yang masih dapat di-tip oleh kiper Courtouis.

Gol yang dinanti-nanti Madrid tercipta di menit ke-79. Rodrygo melakukan aksi memukau dari tengah lapangan melewati hadangan tiga orang pemain Atletico. Ia menuntaskan aksinya dengan bagi luar kaki kanannya.

Atletico punya peluang untuk unggul kembali di menit ke-85. Sayangnya kesempatan itu terbuang percuma karena tendangan dari Griezmann tidak mengarah ke gawang.

Babak Tambahan

Tak ada yang berubah dari Atletico di babak tambahan sekalipun melakukan satu pergantian pemain. Mereka bertahan rendah sambil memerhatikan para pemain Madrid menguasai permainan.

Atletico harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-99. Wasit utama Cesar Soto memberikan kartu kuning kedua untuk Stefan Savic dan membuatnya harus keluar lapangan lebih awal.

Savic melakukan pelanggaran keras kepada Eduardo Camavinga di sisi kiri. Tekelnya dianggap berbahaya karena menerjang dari belakang.

Kekurangan satu pemain berdampak besar pada cara Atletico bertahan. Ditambah dengan permainan Madrid yang membaik sejak babak kedua, membuat bola dengan mudah lolos ke kotak penalti Atletico.

Puncaknya di menit ke-104, gawang Atletico kebobolan untuk kali kedua. Kombinasi sederhana Madrid di sisi kiri pertahanan Atletico berhasil membawa Asensio melakukan penetrasi, lalu melepas umpan tarik.

Umpan tersebut sempat gagal disambut oleh dua pemain Madrid di tengah kotak penalti. Namun, bola tetap bergulir ke tiang jauh yang kemudian disepak oleh Benzema tanpa kawalan. Madrid berbalik unggul.

Atletico sempat punya peluang lagi di menit ke-111. Bangun serangan Madrid sukses dipotong oleh para pemain Atletico dan melancarkan serangan balik dari wilayah Madrid.

Umpan berhasil sampai ke Yannick Carrasco yang hanya berhadapan dengan Eder Militao. Namun, ia mengambil keputusan untuk menendang. Tendangannya melambung dan peluang Atletico gagal terkonversi jadi gol.

Vinicius memastikan Madrid menang dengan skor 3-1 setelah mencetak gol di menit ke-120+1. Ia melakukan solo run tanpa ada pemain Atletico yang mengganggunya karena kelelahan. Alhasil, Vinicius dengan mudah menaklukkan Oblak.

Susunan Pemain

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Nacho Fernandez (Alvaro Odriozola 115’), Eder Militao, Antonio Rudiger, Ferland Mendy (Dani Ceballos 44’); Luka Modric, Eduardo Camavinga, Toni Kroos (Marco Asensio 74’); Federico Valverde (Rodrygo 69’, Mario Martin 115’), Karim Benzema, Vinicius Junior.
Pelatih: Carlo Ancelotti

Atletico Madrid (4-4-2): Jan Oblak; Nahuel Molina, Stefan Savic, Mario Hermoso, Reinildo; Koke (Saul Niguez 83’), Rodrigo de Paul (Geoffrey Kondogbia 83’), Thomas Lemar (Yannick Carrasco 74’), Antoine Griezmann (Pablo Barrios 90’); Angel Correa (Memphis Depay 74’), Alvaro Morata (Axel Witsel 63’).
Pelatih: Diego Simeone

Tinggalkan Balasan