Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Kolom

SMRC: Partai Dan Politisi Berebut Ingin Jadi NU

×

SMRC: Partai Dan Politisi Berebut Ingin Jadi NU

Sebarkan artikel ini
SMRC:Partai Dan Politisi Berebut Ingin Jadi NU
Saiful Mujani saat live streaming di YouTube SMRC. (Foto: Ilustrasi)

Oleh: Syaiful Mujani

Ada banyak partai politik dan politisi Indonesia yang berebut ingin menjadi atau disebut sebagai anggota Nahdlatul Ulama (NU). Demikian dikatakan ilmuwan politik, Prof. Saiful Mujani, dalam program ‘Bedah Politik bersama Saiful Mujani’ episode “Kekuatan Elektoral Nahdlatul Ulama” yang disiarkan melalui SMRC TV pada Kamis, 16 Februari 2023.

Advertisement
Scroll kebawah untuk membaca

Daya tarik NU, menurut Saiful, adalah pada jumlah massa yang dimilikinya. Dia menunjukkan bahwa dalam survei SMRC pada Desember 2022, warga yang mengaku sebagai anggota aktif NU sebanyak 8,6 persen dan mengaku sebagai anggota tapi tidak aktif sebesar 11,7 persen. Total warga yang mengaku sebagai anggota NU sebesar 20,3 persen. Sementara yang mengaku sebagai anggota serikat pekerja, buruh, dan tani sebanyak 14,7 persen; Muhammadiyah 3,1 persen; organisasi masjid 22,8 persen; dan majelis taklim sekitar 28,7 persen.

Baca Juga:  Puisi Mas Dewa, "Hari ini, Hari Minggu"

Saiful menegaskan bahwa daya tarik NU bagi partai politik di Indonesia adalah karena organisasi ini memang memiliki massa yang besar. Yang mengaku sebagai anggota formal NU sebesar 20,3 persen atau sekitar 40-an juta warga. Angka ini, menurut dia, di luar warga yang secara kultural mengikuti praktik ritual keagamaan NU. Kalau kelompok kultural itu digabungkan, maka massa NU akan menjadi lebih besar.

Example 120x600