Susah Payah Argentina Akhirnya Lolos ke Babak 16 Besar setelah Kalahkan Polandia 2-0

Susah Payah Argentina Akhirnya Lolos ke Babak 16 Besar setelah Kalahkan Polandia 2-0
Argentina akhirnya lolos ke babak 16 besar. (Foto: Ig afaselection)

SUARARAKYATINDO.COM- Tim Tango akhirnya lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022. Argentina meraih tiket itu usai mengalahkan Polandia 2-0.

Argentina berpeluang unggul di babak pertama andaikan penalti Lionel Messi tidak gagal. Pertandingan ketiga Grup C Piala Dunia 2022 tersebut berlangsung di Stadium 974, Kamis (1/12/2022) dini hari WIB.

Namun di babak kedua, Argentina memborong seluruh gol kemenangan lewat Alexis Mac Allister dan Julian Alvarez. Dengan demikian, Argentina finis sebagai juara grup dengan enam poin dari tiga laga.

Sedangkan Polandia berada diposisi kedua dengan koleksi empat poin, unggul selisih gol atas Meksiko yang finis posisi ketiga grup.

Jalannya Pertandingan

Argentina melakukan empat pergantian dari susunan tim saat menghadapi Meksiko. Julian Alvarez dimainkan menggantikan Lautaro Martinez untuk berduet dengan Lionel Messi.

Polandia cuma melakukan satu pergantian di lini depan, Karol Swiderski menggantikan Arkadiusz Milik. Argentina menekan sejak menit awal dan tak memberikan kesempatan Polandia mengembangkan permainan.

Di sepuluh menit pertama laga, Argentina sudah punya 2-3 peluang, termasuk tembakan Lionel Messi ke tiang dekat yang bisa ditepis Wojciech Szczesny pada menit ke-10.

Polandia berupaya melakukan serangan balik untuk bisa mengancam gawang Argentina, tapi selalu dipaksa bertahan di sepertiga akhir lapangan permainan sendiri dan meninggalkan Robert Lewandowski sendirian di depan.

Lewandowski bahkan sampai harus menjemput bola untuk bisa menciptakan peluang. Argentina nyaris bikin gol di menit ke-33 ketika korner Angel Di Maria langsung mengarah ke pojok atas gawang, sebelum Szczesny men-tip bola.

Sczcesny kembali menyelamatkan gawangnya ketika dia menepis bola tembakan Julian Alvarez yang masuk dari sisi kiri di menit ke-36.

Semenit kemudian, Argentina mendapat penalti setelah Szczesny dianggap melanggar Messi saat menghalau bola di udara. Wasit Danny Makiele memastikannya lewat VAR.

Messi jadi eksekutor tapi bola tembakannya yang mengarah ke kiri mampu ditepis Szczesny dan berujung korner.

Szczesny kembali menggagalkan peluang Argentina di menit ke-42 saat bola tembakan Rodrigo De Paul ditepisnya, dan bola rebound yang disambar Alvarez bisa ditangkapnya.

Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Argentina langsung menggebrak ketika babak kedua baru dimulai dan membuka keunggulan lewat Alexis Mac Allister di menit ke-46!

Argentina membangun serangan dari sisi kanan dan diakhiri umpan tarik Nahuel Molina yang disambar Mac Allister di tengah kotak penalti. Bola mengarah ke pojok kanan tanpa bisa dihalau Szczesny.

Polandia mau tak mau harus keluar menyerang untuk bisa mencari gol. Mereka sempat mendapat peluang dari sepakan bebas yang mengarah ke kotak penalti dan disundul Kamil Glik, tapi bola melebar.

Di menit ke-61, Mac Allister punya kans lagi untuk bikin gol usai menerima umpan Messi. Dia menembak tapi bola bisa ditepis Szczesny.

Argentina menggandakan skor di menit ke-67 lewat Alvarez. Enzo Fernandez mengirim umpan pendek ke Alvarez yang berada di kotak penalti, dan menuntaskannya dengan tembakan keras ke pojok atas gawang Szczesny.

Argentina tak mau berhenti untuk mencari gol. Pada menit ke-69 Messi yang bebas di depan gawang menendang bola, namun bisa diadang Szczesny.

Argentina mendapat kesempatan lagi mencetak gol di menit ke-85 saat kesalahan backpass pemain Polandia membuat bola jatuh di kaki Lautaro Martinez. Sayangnya, sepakan pemain pengganti tersebut melebar.

Polandia yang bisa lolos dengan kondisi saat ini hampir kebobolan di masa injury time, ketika Nicola Tagliafico mencungkil bola dalam situasi satu lawan satu. Beruntung Jakub Kiwior bisa menyapunya sebelum masuk.

Argentina menang 2-0 di akhir laga untuk lolos sebagai juara grup.

Susunan Pemain

Polandia: Wojciech Szczesny, Bartosz Bereszynski, Jakub Kiwior, Kamil Glik, Matty Cash, Przemyslaw Frankowski (Jakub Kaminski 45′), Grzegorz Krychowiak, Krystian Bielik (Damian Szymanski 62′), Piotr Zielinski (Krzysztof Piatek 79′), Robert Lewandowski, Karol Swiderski (Michal Skoras 45′).

Argentina: Emiliano Martinez, Marcos Acuna(Nico Tagliafico 59′), Nicolas Otamendi, Cristian Romero, Nahuel Molina, Enzo Fernandez (German Pezzella 79′), Rodrigo De Paul, Alexis Mac Allister, Lionel Messi, Angel Di Maria (Leandro Paredes 59′), Julian Alvarez (Lautaro Martinez 79′).

Tinggalkan Balasan