Daerah  

Unik! Ini Kampung Tahu Yang Terletak di Situbondo

Unik! Ini Kampung Tahu Yang Terletak di Situbondo
Salah satu pengolah pabrik tahu yang ada di Situbondo. (Foto; SRI)

SUARARAKYATINDO.COM, Besuki- Tahu merupakan jenis makanan yang sangat mudah dicari. Selain harganya yang terjangkau, tahu memiliki kandungan protein gizi tinggi.

Bagi pecinta kuliner, tahu bisa dibikin apa saja sesuai selera. Beberapa bulan terakhir ini, tahu dapat di olah menjadi menu kuliner kekinian, mulai jihu, geprek, tahu crispy hingga tahu bulat.

Dusun Krajan, Desa Jetis ini merupakan kampung tahu. Ada sekitar belasan warga di desa ini menekuni industri tahu.

Tak hanya diperjual belikan di pasar-pasar, para produsen tahu di Jetis ini sudah merambah hingga ke kota-kota besar yaitu Bondowoso dan Probolinggo.

Dari banyaknya yang memproduksi tahu ini sampai nama gang di desa tersebut di beri nama “Gang Tahu”.

Lokasi produksi tersebut berada di Dusun Krajan, Desa Jetis, gang tahu rt.01 rw.01 Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo.

Pak rifai, merupakan salah satu dari belasan produsen tahu di Desa Jetis, sudah puluhan tahun ia menekuni usahanya.

Hingga ia setiap harinya bisa memproduksi satu setengah kwintal kedelai yang menjadi tahu.

“Kadang saya perharinya bisa produksi 2 kwintal kedelai yang sudah menjadi tahu. Karena Kami sudah mempunyai banyak pelanggan yang datang untuk menjemput pesanannya,” ujar ketika team suararakyatindo.com mengunjungi tempat tersebut, rabu, 13 juli 2021.

“Sementara itu, umar selaku warga disana mengaku bahwa di desanya memang dari saya sejak kecil sudah menjadi pusat industri hingga terkenal seperti saat ini.” Terangnya.

Harapannya warga dan bapak rifai, semoga pabrik tahu di desa jetis ini memberikan manfaat bagi pelanggan-pelanggan setiap harinya, mohon doanya kedepannya akan kami kembangkan lagi.

Tinggalkan Balasan