Ada Empat Federasi Selain AFF yang Berada di Bawah Naungan AFC

Ada Empat Federasi Selain AFF yang Berada di Bawah Naungan AFC
Pemain Sepak Bola Timnas Indonesia U-19. (Foto; Skor.id)

SUARARAKYATINDO.COM, Tasikmalaya – Akhir-akhir ini muncul desakan agar Timnas sepak bola Indonesia dan PSSI segera keluar dari AFF menyusul hasil yang diterima tim U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022.

Hal ini disebabkan Timnas Indonesia U-19 gagal melangkah jauh di ajang yang digelar di tanahnya sendiri, usai tersingkir akibat regulasi AFF.

Timnas Indonesia muda yang memiliki poin sama dengan Vietnam dan Thailand, serta unggul selisih gol di klasemen grup A Piala AFF U-19 2022, malah gagal melangkah ke semifinal.

Sebab berdasarkan regulasi AFF, Timnas Indonesia U-19 kalah Head to Head dari Vietnam dan Thailand yang bermain imbang 1-1 di laga pamungkas grup A.

Sehingga pada akhirnya desakan untuk keluar dari AFF bergema di media sosial, terutama Instagram. Hal ini diketahui dari banyaknya kolom komentar di akun Instagram PSSI.

Netizen banyak yang meminta agar PSSI dan Timnas Indonesia berganti federasi dari AFF ke federasi lain untuk meningkatkan kualitas skuad Garuda.

Di AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia sendiri, terdapat 5 federasi yang bernaung di bawahnya, termasuk AFF sebagai Federasi Sepak Bola Asia Tenggara.

Lalu, apa saja 4 federasi tersisa dan negara mana saja yang menjadi anggota di dalam 4 federasi yang ada di zona AFC tersebut? berikut daftarnya.

1. Center Asian Football Association (CAFA)

Center Asian Football Association atau CAFA merupakan federasi di bawah naungan AFC yang memayungi negara-negara Asia Tengah.

Total ada enam negara yang tergabung di dalamnya. Keenam negara tersebut adalah Afghanistan, Iran, Republik Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan.

2. East Asian Football Federation (EAFF)

East Asian Football Federation (EAFF) sendiri adalah federasi yang menaungi negara-negara Asia Timur. Federasi ini menjadi salah satu federasi terkuat dari seluruh federasi di AFC.

Total ada 10 negara yang tergabung di federasi ini, antara lain Jepang, Korea Selatan, China, Korea Utara, Hong Kong, Taiwan, Makau, Mongolia, Guam dan Kepulauan Mariana Utara.

Federasi ini dianggap federasi terkuat di bawah naungan AFC karena berisikan negara-negara langganan Piala Dunia dan menempati ranking 100 besar FIFA seperti Jepang, Korea Selatan dan China.

Kabarnya federasi ini menjadi salah satu federasi destinasi Timnas Indonesia dan PSSI jika nantinya memilih keluar dari AFF.

3. West Asian Football Federation (WAFF)

West Asian Football Federation (WAFF) menjadi salah satu federasi yang punya anggota terbanyak di AFC. Bahkan sama seperti EAFF, federasi sepak bola Asia Barat ini juga merupakan salah satu federasi terkuat di zona Asia.

Anggotanya ada 12 negara yang tergabung di WAFF, yakni Arab Saudi, Iraq, Yordania, Bahrain, Kuwait, Lebanon, Oman, Palestina, Qatar, Suriah, Uni Emirat Arab, dan Yaman.

Perlu diketahui bahwa negara-negara ini merupakan negara terpandang di Asia soal sepak bola. Bahkan, beberapa bintang dunia bermain di liga-liga negara tersebut.

Bahkan, WAFF juga akan menyambut Piala Dunia 2022 seiring terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah penyelenggaraan ajang terakbar di sepak bola tersebut.

4. South Asian Football Federation (SAFF)

Adapun federasi terakhir di AFC selain AFF dan tiga federasi sebelumnya adalah South Asian Football Federation atau Federasi Sepak Bola Asia Selatan.

Hampir sama seperti CAFA atau Federasi Sepak Bola Asia Tengah, SAFF merupakan salah satu federasi yang memiliki anggota paling sedikit.

SAFF hanya memiliki 7 anggota saja, antara lain India, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Bhutan, Maladewa dan Sri Lanka.

Tinggalkan Balasan