Berbeda dengan Penetapan Awal Puasa Ramadhan Kemenag, Negara Arab Mulai Puasa Hari Ini

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

SUARARAKYATINDO.COM – Penampakan bulan di Hawtat Sudair membuat Negara Arab Saudi menetapkan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada hari ini Senin, 11 Maret 2024.

Berdasarkan Hasil Sidang Isbat secara mufakat, Kementeri Agama (Kemenag) RI menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024 besok.

Namun, 1 Ramadhan ini yang dilakukan oleh Negara Arab justru berbeda dengan penetapan Kementerian Agama (Kemenag) RI. Selain Arab, juga Uni Emirat Arab, hingga Lebanon mulai puasa hari ini.

Namun, negara-negara yang berada di timur termasuk Asia Selatan yakni sebagian India, Pakistan, dan Bangladesh serta Asia Tenggara termasuk Indonesia, Singapura, Malaysia menetapkan 1 Ramadhan pada 12 Maret 2024 besok.

Sementara pegiat Media Sosial (Medsos) Lukman Simanjuntak pun memberikan komentar atas perbedaan tersebut. “Arab, Qatar, UAE juga Muhammadiyah dan BMKG sepakat 11 Maret 2024 sbg awal Ramadhan,” tulis Lukman dikutip dalam akun X, Senin, (11/3/2024).

Lukman juga menyindir Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang menurutnya hilal belum terlihat. “Sementara Yaqut 12 Maret 2024. Menurut Yaqut, hilal tidak terlihat, kok bisa?,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan