Fakta Menarik Jelang El Clasico 16 Oktober 2022

Fakta Menarik Jelang El Clasico 16 Oktober 2022
Ilustrasi pertandingan Real Madrid vs Barcelona.

SUARARAKYATINDO.COM- Lanjutan La Liga Spanyol menyajikan pertandingan klasik dan bergengsi pasal dua klub raksasa Spanyol akan bertemu pada ahir pekan pertandingan itu bertajuk El Clásico yang mana akan mempertemukan tuan rumah  Real Madrid vs Barcelona, banyak fakta menarik yang tercatat pada tiap pertemuan kedua tim ini pertama El Clasico dimainkan pada bulan 13 Mei 1902. Pada pertemuan itu, Barcelona menang 1-3 di stadion Hippodromo, Madrid

Nama “El Clásico” sekarang mengacu pada pertandingan apa pun antara Madrid dan Barcelona. Awalnya, istilah ini digunakan untuk pertandingan liga antara dua tim Spanyol, tetapi sekarang telah mengerucut pada saat pertemuan kedua tim ini

Ada total 283 pertandingan El Clásico (kompetisi + persahabatan) dan Barca memimpin dalam jumlah kemenangan

Kemenangan terbesar yang pernah ada adalah Real Madrid 11-1 Barcelona pada 19 Juni 1943 (leg kedua Copa del Rey). dan kemenangan terbesar Barcelona 7-0 pada 1 November 1913 (pertandingan persahabatan)

Di El Classico, Real Madrid mencetak 458 gol sementara Barcelona mencetak 499 gol

El clasico sudah 8 kali dimainkan dalam UCL. Real Madrid telah menang 3 kali, dan Barcelona menang 2 kali

Baca Juga:  Manchester United 3 - 1 Arsenal; The Gunners Takluk di Markas King MU

Lionel Messi dan Sergio Ramos memiliki penampilan paling (45 pertandingan)

Pencetak gol terbanyak di El Clásico adalah Lionel Messi (26 gol), disusul oleh Alfredo Di Stefano dan Cristiano Ronaldo dengan masing-masing 18 gol

Messi juga memimpin dalam jumlah assist dengan 14 assists, dan memiliki 2 kali hat-trick El Clasico

Sebelum pindah ke PSG, Lionel Messi gagal mencetak gol dalam 7 penampilan terakhirnya melawan Madrid

Alfredo Di Stefano adalah pencetak gol tertua di El Clasico. Dia berusia 37 tahun 164 hari ketika ia mencetak gol pada 15 Desember 1963

Karim Benzema mencetak gol tercepat dalam sejarah El clasico ketika ia membobol gawang Barca pada detik ke-21 setelah kick .

Bisa dibilang sebagai rivalitas paling terkenal di dunia sepakbola, duel antara Los Blancos dan Blaugrana selalu menghadirkan
Real Madrid vs Barcelona: Head-to-head

Pertandingan La Liga pada Maret 2022 di Santiago Bernabeu adalah Clasico kompetitif ke-249, meskipun Madrid dan Barca telah bertemu 34 kali lagi dalam pertandingan persahabatan dan pertandingan non-kompetitif lainnya.
Rekor pertemuan head-to-head secara keseluruhan antara tim sangat ketat, dengan Real – yang kini telah mencapai seabad kesuksesan – membanggakan total 100 kemenangan di laga kompetitif mereka, sementara Barca lebih baik ketika menghitung pertandingan.

Baca Juga:  Kasus Kanjuruhan Harus di Kawal, Ini Kata Sesepuh Arema

‘Kompetisi lainnya termasuk Copa de la Liga dan Supercopa de Espana. Pertandingan persahabatan dan eksibisi pra-musim tidak termasuk.

Jika mengesampingkan laga kompetitif, catatannya lebih sedikit. Ada 34 pertandingan eksibisi yang menampilkan kedua tim selama bertahun-tahun, dengan Barca muncul sebagai pemenang dalam 20 di antaranya. Real hanya mengklaim empat kemenangan, sementara ada 10 hasil imbang.
Getty Images

Setelah Barca menjadikan Pep Guardiola sebagai pelatih mereka pada musim panas 2008, situasi mulai berbalik menguntungkan mereka.

Di La Liga, Barca memenangkan 13 dari Clasico yang dimainkan setelah penunjukan Guardiola, empat seri dan kalah enam kali. Mereka juga memenangkan semi-final Liga Champions 2010/11, yang merupakan pertama kalinya kedua klub bertemu di kompetisi itu sejak 2002.

Kepergian Guardiola, plus hengkangnya pemenang tujuh Ballon d’Or, Lionel Messi, membuat rekor Blaugrana mulai goyah, namun mereka tetap bisa kompetitif dan bisa bersaing dengan rival abadi mereka untuk memperebutkan gelar juara.

Tinggalkan Balasan