Gerakan Yoga Mampu Redakan Nyeri Haid, Begini Caranya

Ilustrasi gerakan yoga dapat meredakan nyeri menstruasi. (Foto: Freepik.com)

Suararakyatindo.com – Lifestyle, Nyeri saat menstruasi sangat menggangu aktivitas. Nyeri haid diikuti sensasi tajam menusuk, berdenyut, panas, atau kram di perut bagian bawah hingga bagian punggung.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan nyeri haid, diantaranya kurang tidur, radang panggul, fibroid rahim, stres, stenosis serviks, suka mengonsumsi makanan olahan, dan mengonsumsi pil KB.

Ternyata ada satu cara sederhana yang dapat meringankan perut kram, kembung, dan gejala haid lainya yaitu dengan yoga.

Gerakan yoga dapat meringankan rasa sakit tertentu karena dengan merentangkan pinggul dan sendi hal itu dapat mengurangi stres emosional yang dapat membuat otot tegang dan mengencang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa gerakan yoga yang mampu meringankan nyeri haid.

1. Child Pose

Gerakan ini akan mengurangi nyeri pinggul apapun, serta membantu meningkatkan atau mempertahankan kesehatan pinggul. Gerakan ini dapat menimbulkan perasaan relaksasi dan ketenangan.

Caranya begini:

Tempatkan lutut di lantai, lebarkan keduanya hingga jarak yang nyaman. Kemudian lipat tubuh ke depan, rentangkan lengan anda di depan anda.

Istirahatkan dahi di atas matras atau tolehkan kepala anda ke satu sisi, tahan lima napas. Putar kepala untuk menghadap ke sisi sebaliknya dan tahan 5 napas lagi.

2. Camel Pose

Gerakan ini berfokus pada perut. Sikap unta meningkatkan fleksibilitas dalam tulang belakang, merangsang sistem saraf, membuka dada dan bahu, serta meningkatkan sirkulasi dan pencernaan.

Pose ini juga akan meregangkan dan menstimulasi perut, yang baik untuk mengatasi keluhan perut kram.

Cara Melakukan Pose Ini:

Berlutut di atas matras dengan lutut terbuka selebar pinggul. Letakkan tangan di pinggul, kemudian rentangkan tulang belakang Anda dan condongkan tubuh ke belakang, lalu letakkan tangan pada tumit. Jika sulit, selipkan jari kaki ke dalam untuk mengangkat tumit.

Selanjutnya, panjangkan leher dan biarkan kepala anda melengkung ke belakang. Untuk peregangan yang lebih dalam, angkat satu tangan di samping telinga sambil memegang tumit dengan tangan lainnya.

Tahan gerakan ini selama dua napas, lalu ganti lengan dan tahan hingga lima napas.

3. Supine Twist Pose

Supine twist pose adalah cara yang santai untuk meningkatkan fleksibilitas tulang belakang sisi ke sisi, yang dapat meringankan nyeri perut dan punggung bawah.

Cara melakukan pose ini:

Mulailah berbaring telentang dengan kaki terentang. Saat Anda menarik napas, bawa satu lutut ke dada dan regangkan ke arah bahu Anda.

Kemudian, saat Anda mengeluarkan napas, lipat lutut melintasi tubuh ke sisi yang berlawanan, sambil satu kaki masih direntangkan.

Pose ini ampuh untuk mengurangi kram perut, dan membantu Anda merasa lebih santai. Arching pigeon merangsang organ-organ internal, membentang otot bokong dalam, lipatan paha, dan psoas-otot panjang di sisi kolom tulang belakang dan panggul.

Melatih pose ini bisa membuat pinggul lebih fleksibel, mengurangi sesak yang disebabkan oleh stres dan ketegangan.

Caranya:

Duduk di lantai dengan lutut kanan ditekuk dan kaki kiri lurus memanjang di belakang Anda.

Letakkan tangan di pinggul dan perlahan lengkungkan punggung sampai Anda merasakan rentangan optimal di pinggul kiri depan.

Jika variasi ini terasa terlalu menyakitkan, bersandarlah ke depan dan tempatkan tangan di depan Anda. Jika Anda ingin peregangan yang lebih maksimum, angkat kedua tangan terentang di udara.

Tahan selama lima napas atau lebih, ulangi pose untuk sisi sebaliknya.

4. Bow Pose Stretches

Cara melakukan pose ini: mulailah berbaring tengkurap dengan kaki terbuka selebar pinggul dan lengan di samping.

Saat menghembuskan napas, tekuk lutut dan rentangkan tangan untuk menahan pergelangan kaki bagian luar.

Tarik napas, lalu angkat tumit kea rah langit-langit, kemudian angkat paha ke atas dan keluar dari matras. Lihat ke depan sambil bernapas dengan lembut. Tahan posisi selama 15 hingga 20 detik.

Demikian beberapa gerakan yoga yang bisa anda praktekan dirumah untuk meredakan nyeri saat menstruasi. Jika takut melakukan gerakan secara mandiri, anda bisa memakai bantuan pelatih untuk membantu anda.

Tinggalkan Balasan