Harga Telur Naik Akibat Pakan Yang juga Naik Drastis

Harga Telur Naik Akibat Pakan Yang juga Naik Drastis
Harga Telur ayam melonjak naik drastis. (Foto; Pasar Telor)

SUARARAKYATINDO.COM- Harga Kebutuhan Pokok hari ini sudah mulai melonjak semua. Tak hanya Bahan Bakar Minyak (BBM), akan tetapi harga Telur ayam juga sudah mulai naik.

Naiknya harga telur ayam lantaran harga pakan ayam telor melonjak naik. Sebab, komoditas jagung dinilai yang membuat harga telur ayam kini meroket hingga Rp32.000/kg di pasaran.

Komisi VI DPR RI Amin Ak meminta agar dilakukan pembenahan tata niaga komoditas jagung yang termasuk bahan utama dalam pembuatan pakan bagi ayam petelur.

Baca Juga:  Soal Budiman Sudjatmiko Akhirnya Megawati Angkat Bicara, Begini Responnya

Menurutnya, salah satu elemen penting untuk mengendalikan harga pakan sehingga dapat menurunkan harga telur ke depannya.

“Tata niaga pakan seperti jagung juga harus dibenahi agar rantai pemasaran lebih pendek sehingga harga lebih murah,” ujarnya pada Minggu (28/8/2022).

Dia juga mengatakan kalau ebijakan pengendalian harga telur yang tengah melambung merupakan momentum dalam rangka membenahi tata niaga pakan dan telur.

Adapun salah satu penyebab lain kenaikan harga telur disebabkan naiknya harga pakan dengan kenaikan hingga 30% dari sebelumnya. Hal itu disebabkan oleh kenaikan harga jagung di mana impor jagung dinilai masih cukup besar.

Baca Juga:  Benarkah Pertemuan Prabowo-Ridwan Kamil Membahas Cawapres 2024? Ini Kata Gerindra

Dampak kenaikan harga telur, lanjutnya, akan meningkatkan inflasi dan penurunan daya beli masyarakat akibat nilai uang yang tergerus.

“Telur bukan hanya menjadi kebutuhan pokok, namun juga bahan baku penting dalam usaha aneka produk makanan yang pelakunya sebagian besar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM),” jelasnya.

Diketahui, dari data pusat informasi harga pangan strategis nasional (IPHPS), harga telur pada saat ini dapat mencapai Rp31.500 per kg.

Tinggalkan Balasan