Jangan Sia-siakan Waktu Berharga, Lakukan Aktivitas Ini Agar Tidak Ngantuk Setelah Sahur

Ilustrasi/Int

SUARARAKYATINDO.COM – Lifestyle, Setelah menyantap makanan sahur di bulan Ramadhan, biasanya masih ada yang bisa diisi dengan hal-hal yang positif nan bermanfaat.

Kegiatan-kegiatan ini tentunya dilakukan agar rasa kantuk yang cukup berat di waktu setelah sahur bisa menyibukkan diri dan tidak kembali tidur.

Dengan melakukan kegiatan produktif sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Jangan sia-siakan waktu berharga tersebut dengan tidur kembali atau hanya berdiam diri.

Ada banyak kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan untuk memulai hari dengan energi yang baik.

Berikut beberapa kegiatan produktif yang biasa dilakukan usai menyantap makanan sahur dan tentunya setelah melaksanakan salat subuh.

1. Berolahraga

Salah satu pilihan kegiatan produktif yang sangat baik dilakukan setelah menikmati makan sahur adalah berolahraga. Ini membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu membakar kalori lebih efektif.

Selain itu, olahraga juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi. Contoh olahraga ringan yang dapat dilakukan setelah sahur adalah berjalan kaki, yoga, atau senam.

2. Mengaji

Mengaji atau membaca Alquran tentunya punya manfaat tersendiri, apalagi jika dilakukan setelah menyantap makanan sahur.

Membaca Alquran setelah sahur memiliki manfaat spiritual dan psikologis bagi umat muslim yang sedang berpuasa. Dalam Islam, membaca Al-Qur’an dianggap sebagai bentuk ibadah yang sangat dianjurkan, terutama pada bulan Ramadhan.

3. Mempelajari Hal-hal Baru

Adanya waktu yang sangat kosong setelah menikmati makanan sahur, bisa dimanfaatkan sebagian orang untuk mempelajari hal baru.

Mempelajari skill baru juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan rasa pencapaian yang memuaskan.

Selain itu, hal ini dapat memperbaiki kualitas hidupmu, melakukan kegiatan produktif setelah sahur juga dapat membantu memanfaatkan waktu dengan lebih efektif.

4. Mendengarkan Lagu atau Podcast

Kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan setelah sahur adalah mendengarkan lagu ataupun podcast.

Mulai harimu dengan menikmati beberapa lagu kesukaanmu sehingga dapat meningkatkan mood sebelum bekerja nantinya.

5. Bercengkrama dan Mendekatkan Diri dengan Keluarga

Tak ada salahnya untuk menjalin hubungan di pagi hari dengan keluarga sebelum memulai aktivitas bekerja. Kamu bisa menjadikan ini kegiatan bermanfaat setelah sahur.

Usahakan anggota keluarga lainnya juga tetap terjaga agar suasana keluarga terasa sangat harmonis.

Menurut Virtual Vocations, menjalin hubungan dengan orang-orang yang kita cintai di pagi hari bisa menjadi cara terbaik untuk memulai hari.

Tinggalkan Balasan