Pemberian Pangkat Bintang Empat Kehormatan Prabowo Subianto Dikritik, Jokowi Respon Begini!

Prabowo Subianto dianugerahi pangkat bintang empat Jenderal Kehormatan (Hor) oleh Presiden Jokowi. (Foto: BPMI Setpres)

SUARARAKYATINDO.COM – Pemberian pangkat Jenderal Kehormatan (Hor) TNI kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menuai kritik dari sejumlah pihak. Namun, kritikan itu respon oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi mengatakan, pemberian pangkat istimewa bukanlah hal baru di lingkungan TNI. Menurutnya, sejak dahulu sudah banyak nama-nama yang mendapatkan pangkat tersebut.

“Ini kan juga bukan hanya sekarang ya. Dulu diberikan kepada bapak Susilo Bambang Yudhoyono, sudah pernah diberikan kepada bapak Luhut Binsar Pandjaitan, sesuatu yang sudah biasa di TNI maupun di Polri,” ujar Jokowi usai Rapim TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024).

Jenderal Kehormatan untuk Prabowo diusulkan oleh Panglima TNI. Kemudian presiden melakukan analisis dan memutuskan untuk mengabulkannya.

“Semuanya memang berangkat dari bawah berdasarkan usulan Panglima TNI, saya menyetujui untuk memberikan kenaikan pangkat secara istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan,” tegas Jokowi.

Adapun bentuk kritikan atas pemberian pangkat jenderal kehormatan kepada Prabowo, karena Menteri Pertahanan itu dituduh memiliki rekam jejak melakukan pelanggaran HAM hingga diberhentikan dari TNI pada awal era reformasi.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra itu resmi mendapat kenaikan pangkat sebagai Jenderal Kehormatan (Hor) TNI dari Presiden Jokowi. Prosesi penyerahan gelar ini digelar di sela acara Rapim TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2).

Pemberian gelar Jenderal Kehormatan kepada Prabowo Subianto merujuk Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

“Penganugerahan ini adalah bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, kepada bangsa dan kepada negara,” tutur Jokowi.

“Saya ucapkan selamat kepada Bapak Jenderal Prabowo Subianto,” imbuhnya.

Jokowi kemudian menyematkan tanda kepangkatan dengan 4 bintang ke pundak Prabowo. Prabowo terlihat memakai pakaian dinas TNI AD lengkap.

Prabowo sendiri mengakhiri karir militernya sebagai Pangkostrad pada 1999. Pangkat terakhirnya adalah Letnan Jenderal (Letjen) atau bintang tiga.

Tinggalkan Balasan