Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Nasional

Pemilu 2024! SBY: Ada Pihak Yang Pempunyai Kepentingan

×

Pemilu 2024! SBY: Ada Pihak Yang Pempunyai Kepentingan

Sebarkan artikel ini
Pemilu 2024! SBY: Ada Pihak Yang Pempunyai Kepentingan
Susilo Bambang Yudhoyono saat sambut. (Foto: Ig @sb.yudhoyono)

SUARARAKYATINDO.COM- Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyoroti terhadap UU Pemilu yang saat ini sedang berjalan di Mahkamah Konstitusi. Pasalnya, SBY beranggapan ada pihak yang ingin mengubah sistem pemilu 2024

SBY mengatakan bahwa ketika sistem pemilu itu ingin di ubah, harus ada titik persoalan yang jelas, seperti halnya 1998.

Advertisement
Scroll kebawah untuk membaca

“Apakah saat ini, ketika proses Pemilu telah berlangsung, ada sebuah kegentingan di negara kita, seperti situasi krisis tahun 1998 dulu misalnya, sehingga sistem pemilu mesti diganti di tengah jalan,” kata SBY. Sabtu (18/2/2023).

Baca Juga:  Kerahkan Tentara Demi Mencegah Kebakaran Hutan, Menhan Prabowo Dampingi Presiden Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri 2023

SBY memberikan solusi ketika sistem itu ingin di ubah, dan hal itu tentu amat dimungkinkan. Namun, di masa “tenang”, bagus jika rembuk bersama, ketimbang mengambil jalan pintas melakukan judicial review ke MK.

“Sangat mungkin sistem Pemilu Indonesia bisa kita sempurnakan, karena saya juga melihat sejumlah elemen yang perlu ditata lebih baik. Namun, janganlah upaya penyempurnaannya hanya bergerak dari terbuka-tertutup semata,” jelas SBY.

Baca Juga:  Gas LPG 3 Kg Langka, Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza Desak Dirut Pertamina, Begini Responnya

“Dalam tatanan kehidupan bernegara yang baik dan dalam sistem demokrasi yang sehat, ada semacam konvensi baik yang bersifat tertulis maupun tidak,” tambah dia.

SBY menuturkan, jika kita hendak melakukan perubahan yang bersifat fundamental seperti konstitusi, bentuk negara serta sistem pemerintahan dan sistem Pemilu, pada hakikatnya rakyat perlu diajak bicara dan perlu dilibatkan. Ada yang menggunakan sistem referendum yang formal maupun jajak pendapat yang tidak terlalu formal.

Example 120x600