PKB dan PKS Akan Berkoalisi di Pilkada Jatim 2024, Siapa yang Diusung?

Ilustrasi Bendera Partai Politik

SUARARAKYATINDO.COM – Jakarta, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Syaiful Huda, mengungkapkan bahwa partainya telah menyepakati kerja sama dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk bersama-sama merajut koalisi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur tahun 2024.

Dalam pernyataan tersebut, Huda menegaskan bahwa kepastian terkait kerjasama ini akan diumumkan secara resmi dalam beberapa pekan ke depan.

“Teman-teman dari PKS telah menyetujui untuk membentuk koalisi, namun kita akan melihat komunikasi lebih lanjut dengan PKB dalam waktu seminggu atau dua minggu ke depan,” terang Huda di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/05/2024), seperti yang di kutip Suararakyatindo.com.

Dia juga mengungkapkan bahwa PKB telah menyiapkan nama KH Marzuki Mustamar, mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, sebagai salah satu calon yang akan diusung dalam Pilkada Jawa Timur 2024.

“Untuk calon kita ada Kiai Marzuki Mustamar, termasuk kalau (calon kandidat) perempuan kami juga sedang siapkan,” tambahnya.

Jika PKB dan PKS benar-benar berkoalisi, maka calon yang diusung akan berhadapan dengan pasangan petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak yang kembali maju dalam Pilkada Jawa Timur 2024.

Sebelumnya, pada Jumat (17/5), Partai Golkar telah secara resmi mengusung mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, dalam Pilkada Jawa Timur 2024.

“Kami telah mengeluarkan surat keputusan dalam pertemuan silaturahim dari badan pemenangan Pemilu Partai Golkar, untuk mengusung Khofifah dan Emil sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur,” tegas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta.

Sementara itu, pada Sabtu (18/5) malam, Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Timur (Jatim) telah menyerahkan surat rekomendasi kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, untuk maju dalam Pilkada 2024.

“Waktunya sangat singkat, namun DPW PPP Jawa Timur telah mengambil keputusan. Selamat kepada Ibu Khofifah beserta Pak Emil Dardak,” papar Ketua DPW PPP Jawa Timur, Mundjidah Wahab, di kantor partai tersebut, Jalan Kendangsari, Surabaya.

Pilkada Jawa Timur sendiri dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024, bersamaan dengan Pilkada di 38 kabupaten/kota lainnya di provinsi tersebut.

Tinggalkan Balasan