Daerah  

Tri Rismaharini Dinilai Paling Populer di Jawa Timur, Tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

SUARARAKYATINDO.COM – Pakar komunikasi politik dari Universitas Negeri Surabaya, Gilang Gusti Aji, mengatakan bahwa Mensos Tri Rismaharini, memiliki popularitas yang cukup kuat di Jawa Timur, khususnya di sekitar wilayah Surabaya.

Namun, elektabilitas Menteri Sosial itu belum mencapai tingkat yang sama dengan mantan Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

“Bu Risma saya kira nama yang populer di Jawa Timur, terutama di sekitar wilayah Surabaya, tetapi kalau kita lihat elektabilitasnya juga beberapa survei saya lihat belum di atas 10 persen,” ujar Gilang, di Jakarta, Jumat (26/4/2024).

Meskipun Risma cukup dikenal, kata Gilang, hasil survei menunjukkan bahwa elektabilitasnya masih di bawah 10 persen, sementara Khofifah sudah mencapai lebih dari 30 persen.

Menurutnya, perbedaan signifikan dalam elektabilitas antara Risma dan Khofifah menarik perhatian, terutama mengingat masih ada waktu 214 hari hingga Pilkada Serentak 2024.

Gilang menekankan bahwa Khofifah memiliki keunggulan elektoral yang signifikan dengan angka di atas 30 persen dalam waktu tujuh bulan ini.

Namun demikian, Gilang melihat, Risma masih memiliki peluang untuk maju dalam Pilkada Jawa Timur. Meski waktunya terbatas, sebagai mantan Wali Kota Surabaya itu masih dapat memanfaatkan waktu dengan efektif untuk memperkuat basis dukungan dan memenangkan Pilkada 2024.

Meskipun tantangannya besar, Gilang yakin bahwa dengan kerja keras dan upaya yang masif, Risma masih memiliki kesempatan untuk berhasil dalam pertarungan politik mendatang.

Tinggalkan Balasan