Yuk Terapkan 5 Jenis Olahraga Terbaik Ini saat Menjalankan Puasa di Bulan Ramdhan

Ilustrasi olahraga terbaik bagi kesehatan tubuh

SUARARAKYATINDO.COM – Lifestyle, Puasa tidak boleh menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Walaupun sedang berpuasa, sangat disarankan bagi Anda untuk tetap aktif bergerak, salah satunya dengan rutin berolahraga.

Mengutip dari berbagai sumber, ada 5 jenis olahraga terbaik saat puasa di bulan Ramadan. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Yoga

Yoga menjadi salah satu pilihan olahraga terbaik yang layak Anda coba di bulan Ramadan. Pasalnya, gerakan yoga tidak terlalu memberatkan dan tidak terlalu menguras tenaga layaknya olahraga angkat beban atau olahraga berat lainnya.

Namun, beberapa gerakan yoga mungkin lebih sulit untuk dilakukan dan butuh usaha ekstra. Jika Anda adalah seorang pemula, ada baiknya untuk memulai yoga dengan gerakan-gerakan paling dasar.

Beberapa gerakan yang cocok untuk pemula di antaranya tree pose, seated yoga pose, lord of the dance pose, mountain pose, downward facing dog, warrior, child pose, dan cobra pose.

2. Pilates

Selanjutnya ada pilates. Sama seperti yoga, pilates cenderung tidak terlalu memberatkan dan tidak menyebabkan lelah yang berlebihan.

Melakukan pilates selama satu jam diklaim mampu membantu membakar hingga 200 kalori. Pilates juga efektif untuk memperbaiki postur dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Karena tergolong ringan, pilates sangat cocok untuk Anda lakukan selama bulan Ramadan guna menjaga tubuh tetap bugar meski sedang berpuasa.

3. Jalan Cepat

Jalan cepat merupakan alternatif yang bagus jika jogging atau lari terasa memberatkan bagi Anda. Pasalnya, dibandingkan dengan jogging, jalan cepat relatif tidak terlalu berat untuk tubuh. Rasa lelah yang dirasakan setelahnya pun tidak seberat jogging.

Jalan cepat sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk melatih otot dan tulang. Apabila dilakukan dengan intensitas yang tepat, jalan cepat mampu membuat stamina dan otot jantung menjadi lebih kuat.

Jalan cepat bisa dilakukan kapan saja bahkan pada waktu pagi atau beberapa saat setelah sahur.

4. Naik Turun Tangga

Jangan anggap sepele olahraga yang satu ini. Kendati tampak tidak membutuhkan upaya yang banyak, faktanya naik turun tangga menyimpan beragam manfaat kesehatan dan cocok dilakukan di bulan Ramadan.

Saat naik turun tangga, tubuh bagian bawah akan didorong untuk melakukan aktivitas fisik yang cukup berat. Bahkan jika dibandingkan dengan jogging, naik turun tangga cenderung lebih intens dalam melatih kaki.

Kalori yang dibakar juga banyak. Naik turun tangga bisa membakar 0,1 kalori saat naik dan 0,05 kalori saat turun tangga. Selain itu, naik turun tangga juga bagus untuk kesehatan jantung dan mampu mengurangi risiko stroke.

Saat ada kesempatan untuk naik dan turun tangga, manfaatkanlah. Jika di tempat kerja Anda ada tangga, gunakan itu alih-alih naik lift. Atau, jika di rumah Anda ada tangga, Anda dapat memanfaatkannya untuk latihan.

5. Sit up dan push up

Sangat baik untuk tubuh, sit up dan push up dapat dilakukan kapan saja tidak terkecuali selama bulan Ramadan.

Dengan gerakan yang benar dan porsi yang tepat, sit up dan push up bisa membakar kalori serta menguatkan otot perut.

Tak sampai di situ, sit up dan push up juga dapat mengurangi risiko osteoporosis, memperbaiki postur tubuh, hingga menjaga kesehatan jantung.

Demikian 5 jenis olahraga terbaik saat puasa di bulan Ramadan yang bisa Anda terapkan.

Tinggalkan Balasan