Bawaslu Sleman Ajak Partai Politik Jaga Kerukunan dalam Kampanye Pemilu 2024

Bawaslu Sleman

SUARARAKYATINDO.COM, Sleman – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman mengajak seluruh Partai Politik peserta pemilu 2024 untuk menjaga kerukunan di masyarakat selama masa kampanye yang akan dimulai pada tanggal 28 November mendatang. Upaya ini dilakukan melalui deklarasi kampanye pemilu damai dan apel siaga pengawasan kampanye pemilu 2024 di Monumen Jogja Kembali (Monjali) pada Senin (27/11/2023).

Ketua Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar, menyampaikan urgensi kerukunan di masyarakat selama masa kampanye, menurut dia pelaksanaan kampanye nanti bisa berjalan aman, dan damai.

“Deklarasi ini upaya bersama agar pelaksanaan kampanye nanti berlangsung secara aman, damai, dan lancar tanpa kendala apapun,” kata Arjuna

Selain itu, Arjuna juga menekankan bahwa partisipasi aktif dari seluruh peserta pemilu sangat diperlukan untuk menciptakan pemilu yang damai.

Dalam kegiatan deklarasi kampanye damai tersebut, perwakilan dari partai politik peserta Pemilu 2024 turut hadir. Acara ini juga diisi dengan apel siaga pengawasan kampanye yang dihadiri oleh segenap Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu dari berbagai level tingkatan.

Arjuna menjelaskan bahwa Kabupaten Sleman memiliki Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) dengan skor 64.56, menempati urutan ke-25 sebagai kabupaten/kota dengan kerawanan tinggi. Faktor-faktor penyebab tingginya kerawanan tersebut antara lain terkait dimensi penyelenggaraan dan dimensi kontestasi.

“Kami berharap melalui deklarasi ini, peristiwa seperti yang terjadi pada pemilu tahun 2019 dapat dihindari. Peserta pemilu diharapkan taat pada hukum dan ketentuan, sehingga tercipta pemilu yang damai di Bumi Sembada,” ujar Arjuna.

Lebih lanjut, Sutrisnowati, Koordinator Divisi Sengketa Hukum Bawaslu DIY, menambahkan bahwa kampanye damai menjadi komitmen bersama agar terlaksana dengan tertib dan berbudaya.

“Deklarasi kampanye damai ini menjadi komitmen agar pelaksanaan kampanye berlangsung secara aman, tertib, berbudaya, dan sesuai kepentingan bersama yang bertumpu pada peraturan perundang-undangan,” kata Sutrisnowati.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, memberikan apresiasi terhadap kegiatan deklarasi kampanye damai yang diselenggarakan di salah satu monumen bersejarah di Kabupaten Sleman.

“Kegiatan ini mengingatkan kita untuk kembali menyatukan komitmen bahwa kesuksesan Pemilu tahun 2024 adalah tanggung jawab kita bersama,” ujar Danang.

Tinggalkan Balasan