Covid-19 Kembali Menjamur di Indonesia, Jokowi Belum Himbau Masyarakat Untuk Pakai Masker

Covid-19 Kembali Menjamur di Indonesia, Jokowi Belum Himbau Masyarakat Untuk Pakai Masker
Presiden Jokowi saat menyampaikan terhadap masyarakat. (Foto: Ig @Jokowi)

SUARARAKYATINDO.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan belum ada rencana untuk mengimbau masyarakat menggunakan masker kembali imbas lonjakan kasus virus corona (Covid-19) belakangan ini.

“Belum sampai ke sana, selalu diikuti dan diamati oleh Menteri Kesehatan dan jajaran,” kata Jokowi saat ditanyakan soal opsi penggunaan masker di tengah lonjakan virus corona ketika ditemui di Proyek MRT, Stasiun Monas Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Jokowi telah memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk terus mengamati perkembangan kasus Covid-19.

“Ya sampai sekarang dari Menteri Kesehatan menyampaikan masih dalam kondisi baik,” kata dia.

Sebelumnya Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan kasus Covid-19 di Indonesia menunjukkan tren peningkatan sejak pekan ke-41 atau periode 8 hingga 14 Oktober 2023. Lonjakan kasus Covid-19 kali ini didominasi oleh Subvarian EG.5.

Subvarian EG.5 merupakan turunan dari varian omicron dan masuk kategori variants of interest (VOI) atau varian yang memiliki mutasi genetik yang diprediksi dapat mempengaruhi karakteristik klinis virus.

Karakteristik dari subvarian ini dapat menyebabkan peningkatan kasus dan menghindari dari kekebalan, sehingga lebih mudah menginfeksi tetapi tidak ada perubahan tingkat keparahan.

Tinggalkan Balasan