Daerah  

Desa Gili Ketapang Kekurangan Air Bersih, Ini Sebabnya

Desa Gili Ketapang Kekurangan Air Bersih, Ini Sebabnya
Warga Desa Gili Ketapang Senang Jika Ada Bantuan air bersih. (Foto: SRI)

SUARARAKYATINDO.COM, Probolinggo-
Desa Gili Ketapang adalah pulau yang terletak di Kabupaten Probolinggo yang saat ini kekurangan air bersih. Hal ini di akibatkan saluran pipa dari Probolinggo-Gilli yang rusak.

Abdurrahman selaku Warga Gilli Ketapang bercerita bahwa, Awal mula Kekurangan air Bersih di Gili Ketapang di akibat oleh rusaknya pipa penyaluran air dari Probolinggo-Gili Ketapang, pipa yang patah di akibatkan oleh jangkar kapal-kapal besar yang di pelabuhan probolinggo hanyut sampe ke pesisir Dringu.

“Saluran pipa dari Probolinggo-Gilli yang rusak, dari hal itu air bersih di Desa Gilli Krissi,” ujarnya saat di Temui oleh Suararakyatindo pada Rabu 04/01/2023.

Tak hanya itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Probolinggo mendistribusikan 5 ribu liter air bersih kepada warga Desa Gili Ketapang, pasca putusnya pipa PDAM yang selama ini mensuplai air bersih bagi ratusan kepala keluarga di Gili Ketapang.

“Distribusi air bersih itu untuk membantu kebutuhan masyarakat di Gili Ketapang memenuhi kebutuhan hidup sehari- hari,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Probolinggo Rahmat Waluyo, Senin (2/1/2023).

Sembari menunggu selesainya perbaikan pipa tersebut, BPBD mendistribusikan air bersih melalui kapal laut, sehingga air bersih bisa meningkatkan beban hidup masyarakat di Desa Gili Ketapang yang sedang kekurangan air bersih.

PDAM Probolinggo juga mendistribusikan air bersih setiap harinya menggunakan truk tangki 5.000 liter di dermaga Kota Probolinggo.

Kepala Unit Gili Ketapang PDAM Kabupaten Proboinggo Syah Reza Azka Libis mengatakan, pengiriman air bersih bagi masyarakat Desa Gili Ketapang ini dilakukan oleh PDAM Kabupaten Probolinggo mulai 26 Desember 2022 hingga perbaikan pipa di dasar laut selesai dilakukan.

“PDAM sudah menyediakan air bersih bagi masyarakat desa Gili Ketapang, namun karena keterbatasan armada, PDAM hanya bisa mengantarkan air bersih sampai di dermaga kota Probolinggo,”tambahnya.

PDAM sudah melakukan kordinasi dengan kepada desa setempat untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa PDAM menyediakan air bersih di dermaga kota Proboinggo

“Kami kordinasi dengan kepala desa, sehingga kepala desa meneruskan informasi distribusi air bersih ke warganya,” tambahnya.

Semoga pembagunan pipa air itu bisa cepat selesai, agar masyarakat yang ada di Desa Gili Ketapang tidak kekurangan air bersih.

“Semoga cepat selesai, agar masyarakat Gilli tidak kekurangan air bersih. Sebab, kalau air bersih sudah ada, otomatis penduduk jika memasak tidak kwartir lagi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan