Daerah  

Faisol Riza Merespon Keluhan Petani Terkait Pupuk Bersubsidi

Faisol Riza Merespon Keluhan Petani Terkait Pupuk Bersubsidi
H. Faisol Riza saat sambutan dalam pertemuan. (Foto: SRI)

SUARARAKYATINDO.COM, Probolinggo- Petani Kabupaten Probolinggo mengeluh akibat Pupuk di Probolinggo Sangat langka. Hal itu dapat merugikan para petani yang menanam cabe ataupun padi.

Petani Kabupaten Probolinggo resah Akibat pupuk bersubsidi langka, hal itu petani akan rugi besar akibat pupuk langka. Sebab, hari ini banyak petani yang mencari pupuk bersubsidi agar tanaman petani tidak kering atau mati.

Kelangkaan Pupuk Bersubsidi di Probolinggo sudah setiap tahun sudah langka. Akan tetapi pada tahun sekarang bubuk justru lebih langka dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dari kelangkaan pupuk bersubsidi itu, Petani Probolinggo Mengeluh Kepada Komisi VI DPR RI H Faisol dan bertanya kenapa Pupuk Subsidi sekarang Sangat langka.

“Pak H. Faisol Riza, tolong petani, pupuk subsidi masih sulit didapat pak. Ada Pupuk non subsidi tapi harganya mahal sekali pak,” kata salah seorang petani pada 25/12/2022.

Pertanyaan itu langsung di respon oleh Ketua Komisi VI DPR RI H Faisol Riza saat berkunjung ke dapil dan mengatakan bahwa pemerintah pusat harus memperbaiki kelangkaan itu.

“Saya meminta pada pemerintah segera memperbaiki (kelangkaan pupuk) ini. Supaya petani tidak kebingungan kalau musim tanam,” ujarnya saat H. Faisol Riza saat berkunjung ke dapil.

Kabupaten Pasuruan- Probolinggo mayoritas penduduk petani, jadi pemerintah pusat harus memikirkan nasib petani, dan Jagan sampai kelangkaan pupuk ini pemerintah hanya bisa tutup telinga.

“Pemerintah harus memikirkan nasib petani. Pemerintah jangan sampai tinggal diam, apalagi saat ini sedang musim tanam,”tambahnya.

H. Faisol Riza menyadari bahwa yang daerah Pasuruan Probolinggo ini, warga di daerah tersebut merupakan dari kalangan petani, jadi kalau tanaman petani ini rusak sudah sirna rejeki petani.

H. Faisol Riza Kedepan pihaknya tidak ingin, mendengar keluh kesah dari petani lagi tentang kelangkaan pupuk bersubsidi. Karena itu harus segera di atasi oleh pemerintah pusat.

Pupuk bersubsidi di kabupaten Probolinggo sudah mendapatkan alokasi sebanyak 54.405.000 kg. dan itu sudah di atur dalam keputusan Gubernur Jawa Timur.

Keputusan gubernur Jawa Timur Nomor 188/751/KPTS/013/2022 tentang alokasi dan harga eceran tertinggi pupuk bersubsidi sektor pertanian Provinsi Jawa Timur tahun anggaran 2023.

Tinggalkan Balasan