Daerah  

Gubernur Jawa Timur: Baru di Resmikan, Mobilitas Warga Lebih Muda Melintasi Jembatan Bailey

Gubernur Jawa Timur: Baru di Resmikan, Mobilitas Warga Lebih Muda Melintasi Jembatan Bailey
Peresmian Jembatan Bailey oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.( Foto : R. Ajeng/suararakyatindo.com)

SUARARAKYATINDO.COM- Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, meresmikan secara langsung jembatan Bailey setelah terjadinya jembatan yang ambruk pada bulan 9 september 2022 lalu di Desa Kregenan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Selasa (03/01/2023).

Peresmian yang dilakukan dengan menandatangani prasasti peresmian dan pemotongan tumpeng di Jembatan Bailey oleh Gubernur Khofifah di dampingi Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah menjelaskan bahwa jembatan Bailey ini yang menghubungkan antara dua kecamatan diantaranya Kecamatan Pajarakan dan Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo.

Sehingga, pihaknya sengaja membangun jembatan ini untuk memberikan kemudahan bagi aktivitas masyarakat, selain sektor ekonomi yang dipercaya Khofifah bangkit dengan adanya jembatan ini, ada pula sektor pendidikan yang turut ikut beriringan didalamnya.

Baca Juga:  Pembebasan Pajak Gratis di Jatim, Khofifah; Ini Hadiah Untuk Kemerdekaan Republik Indonesia

“Jembatan Bailey ini akan menjadi pendukung banyak hal
Yang diantaranya dari satu komunitas dengan komunitas yang lain, sebab jembatan ini penghubung dua Kecamatan,” ucap Khofifah.

Sebagai informasi, Pembangunan Jembatan Bailey itu, telah dimulai sejak tanggal 11 Oktober dan selesai pada 27 Desember 2022 lalu dalam jangka waktu 78 hari.

Informasi yang di dapat suararakyatindo.com, pembangunan jembatan Bailey ini menggunakan Belanja Tidak Terduga (BTT) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Timur.

Total nilai kontrak pada Jembatan Bailey yang memiliki panjang 36 meter dan lebar 4,2 meter mencapai Rp. 3.540.000.000 yang bersumber dari APBD Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga:  Perpisahan Anies Menjadi Gubernur DKI di Jaga Ketat

Lebih lanjut, Gubernur Jawa Timur, Khofifah usai meresmikan jembatan tersebut mengungkapkan, bahwa pada 9 September 2022 lalu, saat ke lokasi ambruknya jembatan gantung tersebut, pihaknya mendapat masukan dari masyarakat agar jembatan pengganti segera dibangun.

“Tim dari Bina Marga langsung melakukan pengukuran, embatan Bailey dibangun dengan anggaran BTT Pemprov Jatim sebab ini memang dikarenakan bencana,

Senada dengan Gubernur Jatim, Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, bersyukur atas upaya pemprov jatim untuk mendukung percepatan pendidikan pembangunan jembatan ini. Sehingga bisa menjadi aktifitas kembali para warga setempat.

“Atas bentuk kepedulian pemprov jatim untuk percepatan pendidikan (Red…), jembatan ini bisa kembali beraktivitas seperti biasa,” ungkap Wabup Timbul.(*)

Tinggalkan Balasan