Daerah  

Hari Ini Jamaah Masjid Aolia Gunungkidul Melaksanakan Puasa Ramadhan Pertama, Sesuai Perjalanan Spiritual

Jamaah Masjid Aolia Gunung Kidul saat menggelar Salat Tarawih lebih awal Rabu (6/3/2024) Malam.(Foto: Video Warga)

SUATARAKYATINDO.COM – Yogyakarta, Sejumlah masyarakat muslim, Jamaah Masjid Aolia di Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta menggelar Sholat Tarawih hari ini, Kamis (7/3/2024). Hal ini, Jamaah Masjid Aolia di telah menjalankan Puasa Ramadhan pertama.

Meski berbeda dengan penetapan pemerintah yang belum menetapkan awal bulan Ramadhan, ribuan jamaah Masjid Aolia yang tersebar di sejumlah wilayah Gunungkidul ini sudah menjalankan ibadah Sholat Tarawih perdana pada malam ini.

Imam Jamaah Masjid Aolia, KH Ibnu Hajar Sholeh, atau akrab dipanggil Mbah Benu mengatakan, penetapan awal Ramadhan dilakukan sesuai dengan perjalanan spiritualnya, artinya penetapan tersebut berdasarkan hitungan kalender yang tetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Kamis 7 Maret.

Seluruh Jamaah Masjid Aolia pun telah menggelar shalat tarawih pertama pada, Rabu (6/3/2024) malam.

“Semua sama dengan saya, saya imamnya, masing-masing ada imam, wakilnya saya,” kata Mbah Benu dikutip dari Kompas.com.

Shalat tarawih dengan Jamaahnya tersebut, lanjut Mbah Benu, sama apa yang dilakukan umat Islam lainnya. “(Shalat tarawih) saya dengan witirnya itu 23 (rakaat),” ujanya.

Mbah Benu mengimbau seluruh warga untuk menghormati perbedaan yang ada dan mementingkan kerukunan antar umat beragama.

Di mana, awal Ramadhan yang memang jatuh lebih awal sehingga malam ini dilaksanakan Shalat Tarawih dan besok sudah puasa. Shalat Tarawih sendiri dilaksanakan sebanyak 23 rakyat lengkap dengan Sholat Witir.

Tinggalkan Balasan