Daerah  

Hindari Lahar Dingin, Pemkab Lumajang Gerak Cepat Ajak Warga Pindah

Hindari Lahar Dingin, Pemkab Lumajang Gerak Cepat Ajak Warga Pindah
Forkompimda Jawa timur saat mengunjungi lokasi erupsi gunung Semeru (Foto : Humas Pemkab Lumajang)

SUARARAKYATINDO.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang akan melakukan penanganan pengungsi, yang prioritasnya masyarakat yang berada di tepian aliran lahar.

“Kami akan lakukan langkah-langkah terkait dengan penanganan pengungsi dan prioritas terhadap,” kata Thoriqul Haq (Cak Thoriq), Bupati Lumajang saat mendampingi kunjungan Forkopimda Provinsi Jawa Timur, di Posko Darurat Penanganan Bencana Balai Desa Penanggal Kecamatan Candipuro, Senin (5/12/2022).

Cak Thoriq sapaan akrabnya, juga mengungkapkan, bahwa pihaknya juga akan mengantisipasi kalau adanya curah hujan tinggi terjadi, terutama di puncak Semeru, karena di atas masih ada APG yang potensinya, kalau ada curah hujan tinggi bisa menurunkan lahar dingin.

Dalam kesempatannya, Cak Thoriq juga menyampaikan perkembangan situasi dan kondisi terkini yang relatif lebih aman kepada Forkompinda Jatim, tetapi status yang dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Level IV berstatus Awas.

Ia menambahkan, ucapan terima kasih atas kedatangan Khofifah Indar parawansa bersama rombongan, karena maksud dan tujuannya adalah untuk memastikan kondisi masyarakat yang terdampak pasca erupsi Gunung Semeru Minggu kemarin.

“Hari ini, Gubernur Provinsi Jawa Timur didampingi Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jawa Timur meninjau kami semua yang sekarang terdampak APG erupsi Gunung Semeru,” tukasnya(*)

Tinggalkan Balasan