Daerah  

Jangan Lewatkan, Tiga Agenda Konggres Masyarakat Adat Nusantara VI di Jayapura

Jangan Lewatkan, Tiga Agenda Konggres Masyarakat Adat Nusantara VI di Jayapura
Masyarakat Jayapura Papua. (Foto; Antara)

SUARARAKYATINDO.COM, Jayapura – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara atau AMAN berencana akan mengadakan konggres yang bertajuk “Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI)” di Wilayah Adat Tabi, Jayapura, Papua pada 24-30 Oktober 2022.

Menurut rencana konggres yang akan dihadiri sepuluh ribuan orang dari 2.449 komunitas masyarakat adat ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo dengan rangkaian acara menarik dan terlalu sayang untuk dilewatkan.

Berikut tiga agenda Kongres Masyarakat Adat Nusantara yang diadakan di tepi Danau Sentani, Papua ini.

1. Pawai Budaya

Kegiatan ini merupakan karnaval budaya yang akan diikuti seluruh peserta Konggres Masyarakat Adat Nusantara VI. Pawai Budaya akan dilakukan dengan mengelilingi Kota Sentani yang dimulai di titik kumpul di Stadion Barnabas. Pawai akan menampilkan dua ribu lebih masyarakat adat Nusantara dengan ciri khas mereka.

2. Pembukaan dan Dialog Umum

Rencananya konggres akan dibuka dengan melakukan ritual adat. Acara yang dimulai pada 24 Oktober 2022 ini bertepatan dengan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura.

“Presiden Jokowi akan membuka sekaligus menyerahkan peta wilayah adat di Jayapura,” kata Ketua Panitia KMAN VI sekaligus Bupati Jayapura Matius Awoitauw saat media gathering, yang berlangsung di Jakarta, kemarin.

3. Sarasehan

Agenda ke tiga Kongres Masyarakat Adat Nusantara akan menggelar sarasehan. Ada 24 sarasehan yang meliputi isu-isu tentang hak atas wilayah adat, manusia, serta isu tentang hak atas wilayah adat, manusia, serta tanah dan sumber daya alam di Papua.

Tinggalkan Balasan