Daerah  

Krisis Air Bersih, BPBD Probolinggo Gandeng TNI AL Distribusikan Air ke Gili Ketapang

Krisis Air Bersih, BPBD Probolinggo Gandeng TNI AL Distribusikan Air ke Gili Ketapang
BPBD Probolinggo Gandeng TNI Al Memberikan Air Bersih kepada Penduduk Gili Ketapang Probolinggo. (Foto: BPBD Probolinggo)

SUARARAKYATINDO.COM, Probolinggo – Ada 35.000 liter air bersih yang di distribusikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo mengandeng TNI AL bagi Desa Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Sabtu (7/1/2023).

Sebelumnya, pendistribusian itu dilaksanakan bersama dengan prajurit Lanal Banyuwangi. Pasalnya, kolaborasi itu, menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet VIII-06. Dilakukan sebanyak 2 kali yakni pada pukul 08.30 WIB sebanyak 20.000 liter dan pukul 16.15 WIB sebanyak 15.000 liter.

selain itu, pendistribusian itu melibatkan 35 Prajurit TNI AL, yang terdiri dari prajurit Lanal Banyuwangi bersama dengan prajurit KAL Kadet VIII-06 dan Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL). Serta 35 relawan dari BPBD Kabupaten Probolinggo serta masyarakat Pulau Gili Ketapang.

Pengiriman dipimpin Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Rachmad Waluyo yang didampingi Komandan Kal Kadet VIII-06 (Mayor Laut (P) Mahmud Ridho Ardi), Danposkamladu Mayangan Lettu Laut (S) Gadakusuma Puterasegara. Serta Kepala Desa Gili Ketapang, Badrul Munir dan Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Gili Ketapang Sugito.

“Distribusi air bersih ke Desa Gili Ketapang ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang sedang mengalami krisis air bersih. Semoga bantuan air bersih ini bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” kata Rachmad Waluyo.

Menurut Rachmad, pihaknya memang sengaja melibatkan Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet VI yang kebetulan bersandar di Pelabuhan Mayangan Kota Probolinggo.

“Sekalian melakukan bakti sosial pendistribusian air bersih yang disupport oleh BPBD Kabupaten Probolinggo,” tambahnya.(*)

Tinggalkan Balasan