Masuk Tim Kampanye Prabowo-Gibran, Wahab Talaohu Melepas Jabatanya Sebagai Komisaris

Masuk Tim Kampanye Prabowo-Gibran, Wahab Talaohu Melepas Jabatanya Sebagai Komisaris
Wahab Talaohu saat berjabat Tangan. (Foto: SRI)

SUARARAKYATINDO.COM- Komisaris Independen PT. Kliring Berjangka Indonesia Wahab Talaohu mengajukan surat pengunduran diri. Alasan ia melepas jabatannya karena telah bergabung dengan Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 sebagai Wakil Komandan Relawan.

Wahab sendiri menyampaikan pengunduran dirinya sebagai komisaris independen anak dari dari perusahaan BUMN tersebut untuk menjaga netralitas group BUMN.

“Karena kita telah dipercaya oleh Prabowo-Gibran masuk di TKN pada Pilpres 2024. Maka sebagai wujud tanggung jawab, pengunduran diri ini diajukan sebagai bentuk integritas, kepatuhan, independensi dan menjunjung tinggi asas netralitas,” kata Wahab dalam keterangannya, Kamis (28/12/2023).

Ia menerangkan pengunduran dirinya sesuai ketentuan yang tertuang dalam UU Nomor 19/2003 tentang BUMN, UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu, dan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15/2023 tentang Kampanye Pemilu. Selain itu juga merujuk Anggaran Dasar Perseroan PT KBI.

“Selaku profesional dan insan pergerakan kita harus tunduk dan patuh pada aturan yang ada. Di mana komisaris, direksi dan pegawai BUMN harus mundur jika terlibat dalam politik praktis,” jelas dia.

Wahab yang juga dikenal sebagai Ketua Umum DPP Persaudaraan 98 menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri BUMN Erick Tohir yang telah memberikan kepercayaan membantu tugas negara. Dia juga meminta maaf apabila ada kesalahan yang dilakukan selama menjadi komisaris.

“Kita apresiasi dan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Menteri BUMN Erick Thohir atas amanah, kepercayaan dan tugas yang diberikan,” ucap dia.

Dirinya pun turut mengimbau agar para Komisaris, Direksi atau Pegawai BUMN yang terlibat dalam politik praktis di pilpres 2024 untuk patuh dan tunduk pada aturan yang ada serta menjaga netralitas.

Tinggalkan Balasan