Daerah  

Ngeri! Penampakan Angin Tornado Terjang Wilayah Perairan Laut Probolinggo

Angin tornado terjang perairan laut Utara di Paiton, Probolinggo. (Foto: Tangkap Layar Video Warga)

Suararakyatindo.com – Probolinggo, Cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai petir dan angin tornado menerjang wilayah perairan laut utara, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Minggu (17/3/2024).

Terjangan angin tornado yang berputar-putar di tengah laut itu sempat terekam kamera handphone warga sekitar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Dalam Video berdurasi 30 detik tersebut, angin warna hitam dari kejauhan tampak terus berputar, beruntungnya tidak sampai ke daratan.

Seorang nelayan Heriyanto mengatakan, saat peristiwa terjadi terjangan angin tornado diikuti turunnya hujan deras disertai petir dan angin kencang. Meski tak sampai ke daratan, namun warga dan nelayan yang berada di sekitar lokasi kejadian sempat khawatir.

“Kalau kejadiannya, sekitar pukul 16.30 Wib atau menjelang adzan maghrib. Karena memang sebelum ada angin ini, hujan dari siang, bahkan juga disertai petir,” ujar Heriyanto.

Lebih lanjut Heriyanto, munculnya angin tornado di wilayah Kecamatan Paiton, membuat nelayan memilih libur melaut untuk sementara waktu. Menurutnya, beberapa hari terakhir cuaca buruk di perairan laut utara Probolinggo memang sudah terjadi selama kurang lebih sepekan terakhir.

“Kondisi demikian, memaksa nelayan untuk tidak melaut. Kalau cuaca sudah seperti sekarang, para nelayan akhirnya memilih beraktivitas dengan memperbaiki kapal dan jaring. Sudah 5 harian tidak melaut, ya sejak awal puasa. Alasannya takut karena cuaca buruk di lautan,” paparnya.

“Ditambah lagi kemarin ada angin tornado, malah bikin tambah panjang libur melaut. Untungnya, anginnya tidak sampai ke daratan atau sampai menggulung kapal para nelayan, karena kemarin itu ada puluhan kapal yang libur melaut,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan