Daerah  

Peduli Kemanusiaan, Warga Terdampak Banjir Dringu Membutuhkan Ini

Kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. (Foto: Ist/Suararakyatindocom)

SUARARAKYATINDO.COM – Probolinggo, Peristiwa banjir yang melanda 4 (empat) desa meliputi Desa Dringu, Kedungdalem, Kalisalam dan Tegalrejo di Kecamatan Dringu menyita perhatian Pemerintah Kabupaten dan segenap instansi.

Sehingga, warga yang terdampak tersebut kini tengah membutuhkan bahan pokok, seperti makanan dan minuman siap saji.

Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan segenap instansi telah membangun dapur umum di Kantor Kecamatan, Minggu (10/3/2024). Sehingga nantinya warga yang mengungsi atau rumahnya terdampak banjir bisa mendatangi dapur umum jika membutuhkan air bersih maupun makanan ataupun fasilitas kesehatan yang siap saji.

Pemerintah kecamatan juga menyediakan karpet sebagai alas dan kasur tipis untuk warga beristirahat. Sementara petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, TNI dan Polri masih berada di lokasi banjir.

“Untuk saat ini kurang lebih ada 20 warga Desa Kedung Dalem dan Desa Dringu yang mengungsi di kantor kecamatan. Fasilitas untuk warga beristirahat sudah kami siapkan,” jelas Camat Dringu, Heri Mulyadi.

Menurut Kepala Desa Kedung Dalem, Suhartono mengatakan, di wilayahnya ada 4 dusun yang dilanda banjir dengan total keluarga terdampak sebanyak 2.600.

“Mereka terpaksa meninggalkan rumah, kalau barang memang sudah ditinggal. Mau gimana lagi. Apalagi hingga saat ini belum ada tanda-tanda air akan surut,” papar Suhartono.

Hingga saat ini, terpantau puluhan warga Kecamatan Dringu tersebut juga mulai membersihkan rumahnya akibat luapan air banjir.

Sementara itu, Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto juga mengatakan, imbas banjir ini memang merusak sejumlah fasilitas umum, tembok kuburan ambruk, dan ada warga yang kehilangan barang-barangnya. Sedangkan untuk warga yang mengungsi saat ini sudah terpenuhi fasilitasnya.

“Kami dan yang lainnya tadi sudah meninjau lokasi banjir mulai dari yang ringan sampai yang parah, kalau yang parah itu airnya ada yang sampai ke dada orang dewasa. Kami juga langsung serahkan bantuan kepada warga yang barang-barangnya hilang,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan