Perolehan Suara PSI Melonjak 3,13%, Begini Penjelasan KPU

Foto: Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep

SUARARAKYATINDO.COM – Suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang tiba-tiba melesat di Sirekap Pemilu 2024 menjadi perbincangan hangat di masyarakat.

Pasalnya, suara partai yang dipimpin oleh putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep itu tiba-tiba melonjak hingga tembus 3,13%. Kini suara PSI mendekati ambang batas lolos ke parlemen sebesar 4%.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik pun membenarkan. Menurutnya dia, Sirekap tak digunakan sebagai penentu hasil pemilu. Sebab, hasil pemilu ditentukan lewat rekapitulasi manual berjenjang.

“Kami belum mengerti yang dimaksud dengan lonjakan tersebut itu lonjakan apa. Yang jelas Undang-Undang Pemilu menegaskan bahwa perolehan suara peserta pemilu yang disahkan oleh KPU itu berdasarkan rekapitulasi resmi,” kata Idham di Jakarta, dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (3/3/2024).

Idham juga menjelaskan, rekapitulasi saat ini masih ada di tingkat kabupaten/kota. Setelah rampung, kata dia, suara akan direkapitulasi di tingkat provinsi.

“Akan ada rekapitulasi di tingkat nasional yang digelar di Kantor KPU RI. Dari rekapitulasi nasional itulah hasil pemilu ditetapkan”, tambahnya

“Insya Allah tanggal 20 Maret 2024 proses rekapitulasi ini sudah selesai sesuai dengan jadwal. Mudah-mudahan berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Saat ini, PSI berhasil meraup 2.402.899 suara atau 3,13%. Jumlahnya mendekati ambang batas parlemen 4%.

Tinggalkan Balasan