Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Nasional

Presiden Jokowi Akan Reshuffle 4 Menteri, 3 Dari Partai Nasdem dan 1 Partai Golkar

×

Presiden Jokowi Akan Reshuffle 4 Menteri, 3 Dari Partai Nasdem dan 1 Partai Golkar

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi Akan Reshuffle 4 Menteri, 3 Dari Partai Nasdem dan 1 Partai Golkar
Presiden Joko Widodo. (Foto: Ig @jokowi)

SUARARAKYATINDO.COM- Presiden Jokowi pada Bulan Maret ini akan merombak atau Reshuffle Empat menteri di Kabinet Indonesia Maju. pasalnya ada 4 orang diantaranya dari 3 Partai Nasdem dan 1 Partai Golkar.

Menteri-menteri dari Partai Nasdem disebut paling kuat diganti. Sebab, Presiden Jokowi mempunyai dasar yang kuat kenapa Menteri itu di Reshuffle.

Advertisement
Scroll kebawah untuk membaca

Hal itu diungkap Direktur PARA Syndicate, Ari Nurcahyo, yang menjelaskan perombakan kabinet Jokowi ini didasari atas pertimbangan dua hal.

Baca Juga:  Tolak Permohonan, MK Putuskan Pemilu 2024 Tetap dengan Sistem Proporsional Terbuka

Yakni, terkait konfigurasi politik jelang pemilu 2024 dan kinerja menteri. Atas dasar itu, ia memprediksi bakal ada empat menteri yang kena Reshuffle kabinet.

Yakni tiga menteri dari Partai Nasdem, yaitu Menkominfo Johny G Plate, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya.

Satu menteri lain berasal dari Golkar, yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang sebelumnya juga diumumkan Jokowi sudah mundur secara lisan.

Baca Juga:  Rocky Gerung dan Kosongnya Suara Oposisi

“Pertama Menkominfo (Johnny G Plate). Itu karena menyangkut persoalan hukum,” kata Ari, saat diskusi Maret: Bulan Reshuflle dan Koalisi Menuju Pilpres yang diikuti secara daring, Rabu (1/3/2023).

Presiden Jokowi menggantikan atau Reshuffle 4 Menteri itu lantaran Konfigurasi politik. “Jadi indikator ini bisa ganggu kinerja kementerian,” tambah Ari.

Example 120x600