Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16

Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16
Timnas Indonesia saat foto bersama usai laga melawan Vietnam. (Foto; Bola.com)

SUARARAKYATINDO.COM – Timnas U-16 Indonesia menjadi juara Piala AFF U-16 2022 setelah mengalahkan Vietnam 1-0 di laga final. Jumat, 12 Agustus 2022. Laga ini digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Timnas Indonesia mencetak gol melalui gol Muhammad Kafiatur Rizky di menit ke-45 (+2). Namun Vietnam gagal merespons hingga laga usai.

Uniknya. di laga final ini, pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, merotasi dua gelandang. Achmad Zidan dan Figo Dennis diturunkan sejak awal laga. Sebelumnya, kedua pemain itu di bangku cadangan saat mengalahkan Myanmar di semifinal.

Di lini depan, Bima Sakti tetap mengandalkan trio Muhammad Riski Afrisal, Arkhan Kaka dan Nabil Asyura. Untuk pemain lainnya, skuadnya sama dengan yang dimainkan di laga semifinal.

Meski cuma menang tipis, dengan hasil itu, Timnas Indonesia kini mengoleksi dua gelar di Piala AFF U-16. Adapun gelar pertama datang di era pelatih Fakhri Husaini , tepatnya ketika si kembar Bagas Kaffa – Bagus Kahfi dkk menjuarai turnamen Piala AFF U-16 2018 usai menaklukkan Thailand lewat adu penalti.

Kini, Indonesia sejajar Malaysia yang sudah mengoleksi dua gelar Piala AFF U-16. Adapun, skuad muda Harimau Malaya sebelumnya memegang rekor dua gelar setelah memenangi turnamen itu pada tahun 2013 dan 2019.

Kendati Indonesia berhasil menyentuh jumlah gelar Malaysia, namun predikat tim tersukses di turnamen itu masih dipegang Vietnam dan Thailand yang sama-sama mengoleksi tiga gelar. Thailand juara di tahun 2007, 2011 dan 2015. Sedangkan Vietnam di edisi 2006, 2010 dan 2017.

Tinggalkan Balasan